loader image

Pembangunan Gedung Kolam Renang Kandangan Diduga di Monopoli

SIDANG - Pembangunan gedung kolam renang di Kabupaten HSS diduga bermasalah sehingga disidang oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). mb/ris
SIDANG – Pembangunan gedung kolam renang di Kabupaten HSS diduga bermasalah sehingga disidang oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). mb/ris

BANJARMASIN – Diduga pembangunan gedung kolam renang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang masih tahap II yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di monopoli pihak kontraktor.

Atas dugaan monopoli itulah hingga kasusnya sampai ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) dan menjalani proses persidangan.

Sidang yang langsung di pimpin pihak KPPU digelar di Banjarmasin, Kamis (19/11), di sebuah hotel, dengan majelis komisi dipimpin Kodrat Wibowo didampingi Harry Agustanto dan Ukay Karyadi.

Pada sidang pertama sebagai terlapor pihakKelompok Kerja (Pokja) atau yang disebut panitia lelang, yang menangani pelelangan proyek kolam tersebut dengan nilai dikisaran angka Rp30 M lebih.

Fatimah selaku ketua Pokja dalam sidang mengakui bahwa dari tiga perusahaan yang mengerjakan pembangunan gedung kolam renang di Kabupaten HSS, yakni PT Cahaya Hikmah Jaya Pratama, PT Diang Ingsun Mandiri dan PT Karya Kandangan Na­sio­nal,merupakan satu kroni.

“Kami baru tahu dalam persidangan ini kalau ketiga perusahaan tersebut merupakan satu kroni, sebab kami me­ngevaluasi perusahaan yang masuk sesuai dengan ketentuan dengan mengupayakan agar jangan sampai terjadi unsur kerugian negara,”kata Fatimah.

Fatimah mengatakan bahwa pembangunan kolam tersebut saat ini mungkin sudah dapat di­manfaatkan, tetapi karena adanya pandemi untuk sementara distop, karena pelaksanaan PORPROV sendiri juga mengalami penundaan dikisaran tahun 2022.

Fatimah juga mengatakan kalau tim Pokja yang dibentuk berdasarkan keputusan Bupati HSS, para anggotanya semua pernah mengikuti pelatihan.

Dalam persidanganKPPU dengan isi Perkara Nomor 05/KPPU-I/2020 tentang pe­langgaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait adanya dugaan monopoli Pengadaan Pekerjaan Pem­bangunan Gedung Kolam Renang Tahap II Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun Ang­garan 2017.ris