loader image

Delapan Rumah Terbakar

ARANG - Salah satu warga yang menjadi korban kebakaran meratapi karena rumahnya hanya tersisa arang. mb/rizal
ARANG – Salah satu warga yang menjadi korban kebakaran meratapi karena rumahnya hanya tersisa arang. mb/rizal

BANJARMASIN – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Seribu Sungai Kota Banjarmasin.Ada delapan rumah di Gang Sepakat RT08, RW01, enam rumah dan di Gang 19 RT11, RW01 Jalan Sutoyo S, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin dua rumah.

Rumah tersebut tinggal sisa puing arang, dalam musibah kebakaran terjadi Rabu (18/11) sekitar pukul 23.30 Wita, api berhasil di padamkan usai pembasahan Kamis (19/11) sekitar pukul 01.10 Wita.

Dikatakan Ketua RT08, HM Darmawnsyah ST (67), api diduga dari rumah yang disewa oleh Hajah Miah, pedagang nasi kuning dan lontong.

“Dugaan arus pendek, api saat saya bangun, sekitar pikul 23.30 Wita, rumah saya sengaian ikut terbakar, dan tak ada korban jiwa, atau luka bakar,” ucap HM Dar­mawansyah.

Dijelaskannya malam itu warga bersama anggota Barisan Pemadam Kebakaran Ban­jar­masin juga terpaksa menggedor satu rumah janda Nurhayati, karena saat itu api sudah besar dan menghanguskan rumah tinggalnya.

Kebetulan malam itu, air sedang pasang, sehingga barisan BPK/PMK Banjarmasin terbantukan, Jalan Gang di lokasi cukup besar dan memudahkan BPK masuk lokasi.

“Rumah saya juga terkena api, kaca dan dinding rusak terlalap api, malam itu terkejut juga keluar rumah api sudah didepan mata. Ini kedua kalinya kebakaran terjadi, sebelumnya pernah pula kebakaran di sini tapi belasan tahun silam,” kata pak RT08.

Lanjutnya lagi bantuan yang dia terima bersama 7 warga lainnya dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Ada juga bantuan dari Kelurahan dan Kecamatan Banjarmasin Barat, di­se­rah­kan oleh Plt Lurah Telaga Biru, Mulia Ahmadi.

Plt Camat Banjarmasin Barat, Agus Susanto, di wakili Plt Lurah Telaga Biru Mulia Ahmadi, “Ada 8 KK, 21 Jiwa warga terdampak kebakaran di Gang Sepakat RT08, RW01, dan di Gang 19 RT11, semua warga selamat, kerugian materil ratusan juta,” ucap Mulia Ahmadi.

“Bantuan dari Dinas Sosial itu dalam bentuk sembako ada beras minyak, mie instan pakain baru, selimut, sarung, kompor gas dan tabung gas, jumlah penerima 8 item (8 KK), anak sekolah juga dapat bantuan,” ucap Jarwo ketua Tagana Kota Banjarmasin.

Ada pun 8 KK, 21 Jiwa yang rumahnya sisa puing arang, di huni oleh, Hajah Maimunah 1 Jiwa, Ustah H Rifani 4 Jiwa, Mansyah 5 Jiwa, Hajah Niah 1 Jiwa, Hajah Norhayati 1 Jiwa, Rudi Arianto 4 Jiwa, M Dar­mawansyah 2 Jiwa dan Yusi 3 Jiwa.

Bantuan sembako dan lainnya diserahkan oleh Kepala Bidang injamsos dan PK, H Aep Ruhya SSos MAP, di posko Relawan Korban Kebakaran di Gang Sepakat, diterima langsung oleh Yusi dari Emergency 500, dan diserahkan lagi kepada korban kebakaran.

Kapolsek Banjarmasin Barat, Kompol Mars Suryo Kartiko SIK MH mem­benarkan delapan rumah terbakar, 21 Jiwa kehilangan tempat tinggal penyebab lidik kepolisian. “TKP sudah di pasang garis polisi,” ucap Kapolsek Banjarmasin Barat.sam/ris