loader image

Blunder Memalukan

bikin blunder - Thibaut Courtois bikin blunder saat Belgia menang 4-2 atas Denmark di UEFA Nations League. AP
Bikin Blunder – Thibaut Courtois bikin blunder saat Belgia menang 4-2 atas Denmark di UEFA Nations League. AP

Leuven – Belgia meraih kemenangan atas Denmark untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League. Namun, laga tersebut diwarnai blunder Thibaut Courtois.

Belgia menjamu Denmark di laga terakhir Grup 2 UEFA Nations League. Dalam pertandingan di Stadion Den Dreef, Kamis (19/11) dini hari WIB, The Red Devils menang 4-2 atas tim tamu.

Kemenangan tersebut mengantar Belgia lolos ke semifinal UEFA Nations League. Kevin de Bruyne dkk memuncaki klasemen Grup 2 dengan 15 poin dari enam pertandingan.

Dalam laga itu, Courtois melakukan sebuah kesalahan fatal yang tak biasa. Di menit ke-86, dia gagal mengontrol bola backpass dari Nacer Chadli.

Bola bergulir di bawah kaki Courtois dan masuk ke gawang. Meski berusaha mengejar, kiper Real Madrid itu tak bisa menghentikan bola.

UEFA kemudian mencatat itu sebagai gol bunuh diri Chadli yang membuat Denmark menipiskan ketertinggalan jadi 2-3. Beruntung bagi Belgia, De Bruyne mencetak gol tak lama kemudian untuk me­man­tap­kan kemenangan tim.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, enggan mem­per­ma­sa­lahkan kesalahan lini belakangnya itu. Dia puas karena timnya tampil lebih baik di babak kedua.

“Di babak pertama, begitu kami bikin gol, kami merasa akan kehilangan sesuatu. Pada titik itu kami berpikir soal lolos ke semifinal, dan kami mulai sedikit hati-hati. Kami tidak menunjukkan ketenangan seperti biasanya,” ujar Martinez seperti dikutip situs resmi UEFA.

“Saya merasakan reaksi besar di babak kedua. Kami kebobolan, tapi itu adalah kesalahan yang terjadi ketika Anda bermain dari belakang.”

“Tapi tim siap untuk mengambil risiko dan menik­mati pertandingan, sesuatu yang tidak kami lakukan di babak pertama,” kata Martinez. dtc/ron