loader image

LaLiga Terapkan Pembatasan Gaji

terimbas - Barcelona paling terimbas dalam pembatasan gaji untuk musim 2020/2021. AP
Terimbas – Barcelona paling terimbas dalam pembatasan gaji untuk musim 2020/2021. AP

Madrid -LaLiga mem­berlakukan pembatasan gaji kepada klub di musim 2020/2021. Barcelona paling terimbas regulasi ini, sementara Real Madrid punya batasan gaji tertinggi.

Pandemi Covid-19 membuat klub-klub LaLiga mengalami krisis finansial. Hal ini terjadi karena klub tak mendapatkan pemasukan dari tiket pertandingan usai laga digelar tanpa penonton sejak Juni lalu.

Pihak LaLiga berusaha mengambil langkah konkret agar krisis ini tidak meng­hadirkan masalah lebih besar kepada klub. Mereka mem­berlakukan aturan pembatasan gaji pada musim 2020/2021.

“Kami telah membuat perubahan dalam tiga bagian dari aturan kontrol keuangan dan dalam peraturan dan undang-undang kami karena COVID-19,” kata José Guerra, Direktur Umum LaLiga dikutip dari AS.

“Ini merupakan dampak yang tidak terduga dan kami harus beradaptasi sehingga klub dapat menyesuaikan diri. Sanksi juga telah diubah. Kami perlu waktu untuk terus menyesuaikan diri dengan situasi ini,” jelasnya.

Pembatasan gaji untuk satu klub dengan yang lainnya bakal berbeda. Ini karena setiap klub punya anggaran gaji yang berbeda-beda pula.

Barcelona bakal menjadi tim yang harus melakukan pemangkasan gaji terbesar terkait regulasi ini. Blaugrana punya batasan anggaran gaji senilai 382,717 juta euro untuk musim 2020/2021. Mengingat, mereka dilanda krisis finansial yang cukup parah.

Jumlah ini terpaut begitu jauh dengan pengeluaran Barcelona untuk gaji di musim lalu yang sebesar 671,43 juta. El Barca merupakan tim dengan pengeluaran gaji terbesar di LaLiga musim lalu.

Real Madrid berada di kondisi lebih baik dari Barcelona. Meski, Los Blancos juga dipastikan harus menekan pengeluaran gaji mereka di musim ini.

El Real memiliki batasan gaji tertinggi di LaLiga 2020/2021 sebesar 468,529 juta euro. Lebih rendah dari pengeluaran gaji Madrid di musim lalu yaitu 641,05 juta euro.

Rival sekota Madrid, Atletico Madrid punya batasan gaji sebesar 252,72 untuk LaLiga musim 2020/2021. Sementara, tim dengan batasan gaji terendah di LaLiga musim ini adalah Elche dengan 34,6 juta euro. dtc/ron