loader image

Nada Wati wakili LKSN-AKB tingkat nasional

WAKILI KALSEL – Nada Wati siswi asal Balangan yang mewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam ajang Lomba LKSN ( Lomba Keterampilan Siswa Nasional )  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) daring atau online, di tingkat nasional. {[antara}}

PARINGIN – Nada Wati siswi asal Balangan wakili Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam ajang Lomba LKSN ( Lomba Keterampilan Siswa Nasional)  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) daring atau online, di tingkat nasional.

Salah seorang siswi di salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Balangan tersebut mengikuti ajang lomba LKSN AKB menggunakan tema utamanya adalah “Arsitek Indonesia” Nada Wati mewakili Kalsel dalam cabang  lomba kecantikan.

Hanida selaku guru dan pendamping Nada Wati di ajang tersebut menjelaskan, dalam ajang tersebut mereka mengangkat tema tentang Rumah Banjar.

“Di dalam lomba itu, ada lomba merias wajah dan kuku dengan menggunakan body painting dan cat kuku, dengan tema kami Rumah Adat Banjar,” katanya sebagaimana rilis humas Pemkab Balangan.

Menurut Hanida, tema Rumah Banjar sebagai upaya untuk mengenalkan  bangunan adat Banjar. Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuannya supaya provinsi lain mengetahui kalau di Kalsel itu terkenal dengan seribu sungai dan memiliki kain khas Sasirangan.

“Kesulitannya pasti ada dalam latihan tersebut apalagi anak berkebutuhan khusus, terutama fokus mudah teralihkan, agak sedikit lambat, moodnya berubah ubah, hal seperti itu wajar buat anak Tunagrahita,” terangnya.

Keinginan Nada pun sangat tinggi dan sangat bersemangat mengikuti ajang tersebut, itu terlihat dari persiapan yang waktunya tidak panjang yang membuat latihannya dari pagi hingga malam untuk berlatih melukis wajah dan mukanya.

Lomba Itu saat ini masih dalam proses 23 sampai 29 Oktober mendatang untuk pengumpulan video, dan kami berharap untuk pengumuman nanti dapat hasil memuaskan.

Kedua orang tua Nada pun sangat bangga terhadap prestasi anaknya, hal itu diungkapkan Sumiati Ibu Nada Wati. ” Kami sangat bangga dengan Nada Wati karena mampu membuahkan prestasi seperti anak pada umumnya,” ungkap Sumiati dengan bahagia.

Perlu diketahui tahun ini, SLB Negeri Balangan ini mengikuti beberapa cabang lomba dan berhasil juara, yaitu cabang lomba kecantikan juara 1, kriya kayu juara 3  dan tataboga juara 3 sedangkan tahun lalu juga pernah mewakili Kalsel dalam ajang yang sama di tingkat Nasional, dalam cabang lomba yang sama.{[an/mb03]}