loader image

Menu “Hamburger Singkong” Wakili Tapin Ditingkat Provinsi

LOMBA – Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP saat mendampingi tim penilai lomba PPL B2SA Tk Provinsi Kalsel.{{herman}}

RANTAU,- Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP optimis “Berger Singkong” menu makanan olahan dari UKM Maju Sejahtera desa Budi Mulya, Kecamatan Lokpaikat bisa menjadi juara, hal itu diungkapkannya saat penilaian lomba PPL B2SA tingkat provinsi Kalsel,  bertempat di Gedung Sekretariat TP PKK Tapin.

Seperti yang diutarakan Hj Ratna Ellyani, dirinya menyambut gembira atas dilaksanakannya lomba pengembangan pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (PPL B2SA) tingkat provinsi Kalsel, yang dikatakannya lomba ini sangat bermanfaat dalam rangka memotifasi masyarakat dalam menciptakan menu makanan untuk menopang ketahanan pangan ditengan Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan pangan lokal.

Seperti yang dikatakan Hj Ratna Ellyani, menu sarapan berbahan ubi kayu yang ditampilkan tentu menjadi ide kreatif dan inovatif yang dapat ditiru oleh masyarakat dalam membuat aneka menu makanan untuk menciptakan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Ditengah pandemi seperti ini, tentu menjaga ketahanan pangan keluarga sangat penting, karenanya kita sangat menyambut gembira penilaian lomba PPL B2SA. “Kalah ataupun menang dalam lomba nanti, yang terpenting kita sudah berinovasi dan berkreasi menciptakan menu terbaik,” kata Hj Ratna Ellyani kepada awak media, kemarin.

Sementara itu Mawardi Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kab.Tapin menjelaskan, karena situasi pandemi, penilaian lomba tahun ini tidak lagi dilaksanakan secara langsung di tingkatkan provinsi, akan tetapi juri dari provinsi yang hadir ke daerah untuk memberikan penilaian.

“Selain Burger singkong menu yang disajikan dalam lomba kali ini, kita juga menyajikan menu ikan patin dengan kombinasi sayur pucuk bilaran serta ada puding SIMANIS untuk menu makan pagi untuk tiga orang dewasa.” Papar Mawardi.

Diungkapkan Mawardi, selain penulaian lomba PPL B2SA, pada hari yang sama kita juga mendapat penilaian lomba pekarangan pangan lestari tingkat provinsi Kalsel yang diwakili oleh KWT desa Pematang Karangan Hilir.

Dalam penilaian lomba, tim juri melihat langsung pemanfaatan pekarangan oleh anggota kelompok wanita tani desa setempat termasuk demplot atau kebun percontohan serta kebun bibit.”Kita berharap dua lomba yang kita ikuti, Tapin bisa meraih yang terbaik.” Imbuhnya.{{her/mb03}}