loader image

Pemkab Tala Terbitkan STDB

Wakil Bupati Tanah Laut (Tala), Abdi Rahman saat menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka sosialisasi penerbitan surat tanda daftar budidaya (STDB) komoditas perkebunan

PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) membuat sebuah terobosan berkaitan dengan evaluasi dan penataan perkebunan di Tala yakni dengan diterbitkannya surat tanda daftar budidaya (STDB) komoditas perkebunan.

STDB tersebut mulai disosialisasikan kepada masyarakat di Kabupaten Tala, Jum’at (16/10) di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tala.

Sosialisasi tersebut dibuka Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman yang mengharapkan pembangunan yang berkelanjutan, namun tetap memiliki kepastian hak kependudukan yang jelas.

Lebih lanjut, Abdi menerangkan, masyarakat yang memiliki perkebunan dibawah 25 hektar akan diberikan STDB komoditas perkebunan secara gratis agar mereka mempunyai jaminan dan legalitas sehingga kepemilikan perkebunan mereka jelas.

 “Insha Allah tahun depan sudah akan diterbitkan STDB ini,” ungkapnya. Terlebih, Abdi kerap kali melihat terjadi perselisihan perihal permasalahan tanah, baik tanah perkebunan maupun tapal batas di tengah-tengah masyarakat.

Abdi menyatakan, rasa khawatir jika permasalahan-permasalahan tersebut tidak segera diatasi, maka akan menjadi konflik berkepanjangan.

 “Dua target kami dengan pak bupati dalam waktu dekat ini bagaimana kita punya satu peta, semua data. Baik data perkebunan maupun usaha dan industri, nantinya itu juga akan dikoneksikan juga dengan rencana tata ruang sehingga seluruh masyarakat bisa mengetahui hak-hak mereka,” jelas Abdi.

Turut berhadir Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tala, Ahmad Hairin, Kepala Badan Pendapatan Daerah Tala, Surya Arifani dan Kepala Bank Perkreditan Rakyat Tala, Suprapto. can/ani