loader image

Pembakar Rumah Itu Pernah Ancam Bunuh Isteri

BANJARMASIN – Pen­jelasan  korban Lidya Agustina (34), penghuni rumah yang rumahnya sisa puing, setelah di bakar suaminya, kepada polisi bercerita.

Kisah itu cukup me­mi­lu­kan, warga TKP, Banyiur Luar RT14, No. 15, Ke­lu­ra­han Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjrmasin itu kini kehilangan tempat bernaung.

Setelah dia menolak ajakan rujuk suaminya, yang kini sudah ditetapkan tersangka pelaku pembakaran, bernama Joni Arsetian (34), bakal mendekam selama 12 Tahun.

Dimana polisi memasang pasal kepada  pelaku pem­ba­ka­ran rumah yaitu pasal 187 KUHP, hukuman maksimal 12 Tahun penjara.

Dikisahkan Lidiya suaminya  membakar rumah ayahnya itu, karena dia menolak tawaran rujuk suaminya, setelah sebelumnya sempat pisah ranjang.

Suami bekerja di Kota Cantik  Palangkaraya, Provinsi  Kalimantan Tengah, “Dulu dia mau membakar saya dan anak saya, bila menolak ajakan rujuk dia,” ucap Lidiya meneteskan air mata.

Menurut Lidiya, sebelum rumah orang tuanya di bakar Joni, dini hari Sabtu (17/10/2020), sekitar pukul 02.00 Wita, Joni yang datang ke rumah meminta korban membatalkan  perceraiannya, “Saya tolak ajakan rujuknya,” kata Lidiya.

Dini hari itu tidak ada cekcok mulut, namun Lidiya kaget, mendadak suami pisah ranjangnymenyiramkan air yang ternyata adalah minyak tanah, lebih kaget lagi Joni nyalakan mancis.

Karuan saja Lidiya pun kemudian bergegas mencari anak serta ibunya dan berlari cepat selamat diri keluar dari rumah, sementara pelaku pembakaran rumah Joni masih berada didalam.

“Alhamdulillah anak dan bunda aku selamat dari maut, saya tidak tahu lagi dimana Joni malam itu, motornya pun dia tinggalkan begitu saja saat ,rumah sudah terbakar,” kata Lidiya meneteskan air mata.

Sementara pelaku Joni sempat diamankan oleh saksi H Rusdi, yang melihat pelaku Joni Arsetian pegang mancis yang menyala, saksi me­na­ng­kap pelaku namun berhasil kabur.

Saksi tidak mengejar, karena api di rumah itu sudah sangat besar, saksi kemudian berteriak kebakaran seterusnya ba­risan pemadam kebakaran melakukan pembasahan. sam/ris