loader image

Sanggar Seni Balida Satria Dapat Pelatihan Membuat Kain Sasirangan

KAIN SASIRANGAN – Pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dispport oleh PT Pamapersada Nusantara.{{ist}}

PARINGIN – Sanggar Seni Balida Satria Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan mendapatkan pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dispport oleh PT Pamapersada Nusantara.

Peserta pelatihan adalah para grup tari dari anggota Sanggar Seni Balida Satria. Selain dari Sanggar Seni Balida, pelatihan sasirangan ini juga diikuti oleh Forum Anak Desa (FAD) yang usianya mulai dari tingkat SLTP hingga SLTA.

Kepala Desa Balida Sahridin mengatakan, pelatihan kain sasirangan ini mendapat dukungan dari PT Pamapersada Nusantara diikuti 20 peserta anak-anak. “Kain sasirangan hasil karya peserta pelatihan nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan sanggar seni balida, seperti latihan rutin di sanggar.”kata Balida.

Selama dua hari yaitu dari tanggal 7 s/d 8 Oktober 2020 kemarin, yang bertempat di gedung sanggar seni balida.”Peserta pelatihan mendapatkan keterampilan cara membuat kain sasirangan mulai dari pembuatan motif, belujur benang, hingga pewarnaan,” ujar Sahridin yang juga Ketua Sanggar Seni Balida Satria di Desa Balida.

Sementara itu, salah satu perajin kain sasirangan di Kota Paringin Siti Rohana mengatakan,. peserta diberikan kebebasan berkreasi membuat pola sendiri dengan tangan serta peserta diberi kesempatan membuat pola motif sendiri sesuai kreatifitas anak-anak dari sanggar tersebut.

“Kita akan mencoba membuat sasirangan milenial dengan harga jual lebih tinggi dibanding sasirangan biasa,” jelas Siti Rohana, selaku narasumber yang sudah lima tahun menggeluti usaha pembuatan kain sasirangan.

Salah satu peserta pelatihan Norainah menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan PT Pamapersada bekerjasama dengan Sanggar Seni Balida sehingga ia bisa mendapat keterampilan membuat kain sasirangan.

“Pelatihan ini jadi pengalaman pertama saya membuat kain sasirangan dan mudahan bisa ditularkan ke kawan – kawan,” pungkas Noraina, yang juga salah satu penari dari Sanggar Balida Satria.(mc/mb03)