loader image

Cek Dam Puncak Harapan Bakal Ditebar 40.000 Bibit Gurame dan Nila

H Parianata SP MM

RANTAU,- “Dukung program peningkatan kualitas keluarga, Dinas Perikanan Tapin bakal tebar 40.000 bibit ikan untuk kembangkan wisata pemancingan Cek Dam desa Puncak Harapan,” hal itu diungkapkan H Parianata SP MM kepala Dinas Perikanan Tapin kepada awak media, Kamis (15/10/2020).

Seperti yang diungkapkan H Parianata, dalam membantu masyarakat petani ikan yang terdampak Covid-19, Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui dana insentif daerah (DID) memberikan bantuan sebesar Rp.400 juta untuk Kabupaten Tapin.

Dana 400 juta itu kita berikan kepada 14 kelompok perikanan yang tersebar di 12 kecamatan di Tapin dan untuk desa Puncak Harapan kita berikan 11.000 bibit ikan nila bersama jaring apung dan pakai ikan sebanyak 1,2 ton.

Ditambahkan H Parianata, selain bantuan DID berupa jaring apung, bibit ikan Nila dan pakan, kita juga akan membantu bibit ikan gurame sebanyak 40.000 yang akan kita tebar secara bebas di Cek Dam Puncak Harapan.

Karena Cek Dam disana berbentuk danau, sehingga sangat tepat ditabur bibit ikan gurame, selain pakannya mudah, kedepan kita tinggal menjaga kebersihan lingkungannya.

Penebaran bibit benih ikan sendiri dalam upaya menambah pasokan ikan diperairan umum kita, sehingga nantinya jika sudah besar ikan-ikan dapat dipanen oleh masyarakat dengan catatan tidak diambil secara berlebihan apalagi dengan cara-cara yang dilarang, seperti menggunakan setrum atau obat ikan.

“Penebaran bibit ikan ini sekaligus untuk restoking ikan dan mendorong keberlanjutan sumber daya perikanan di Kabupaten Tapin,” tambah H Parianata.

“Untuk menjaga ekosistem disana tentu perlu peran serta semua masyarakat untuk menjaga agar nanatinya sumber ikan yang ada dapat menjadi sumber pangan dan sumber prekonomian masyarakat,” paparnya.{{her/mb03}}