loader image

Dinkes Tapin Gelar Orientasi Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku

KESEHATAN РPuji Winarta Skm Mkes Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tapin saat memberikan penjelasan kepada sejumlah  awak media.{{herman}}

RANTAU,- Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin melalui Bidang Kesehatan Masyarakat menggelar kegiatan orientasi strategi komunikasi perubahan perilaku, kemarin bertempat di Gerung Triguna jalan by Pass Rantau.

Puji Winarta Skm Mkes Kabid Kesehatan Masyarakat mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka perbaikan akses sanitasi yang tujuannya membekali peserta orientasi agar mengetahui bagaimana strategi cara merubah prilaku masyarakat.

Sehingga dengan orientasi ini kita harapkan, kebiasaan – kebiasaan masyarakat dapat berubah, dari tadinya memiliki kebiasaan tidak baik berubah menjadi baik. Contoh BAB yang selama ini dilakukan disungai tidak lagi dilakukan.

Karena itu kepada seluruh peserta orientasi nantinya kita harapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat didesanya masing – masing. “Terutama dapat mengajak masyarakat kepada perilaku yang lebih baik,” kata Puji.

Ditambahkan Puji, kegiatan perubahan prilaku ini sangat penting dalam rangka mendukung percepatan penurunan stanting dan kegiatan ini dilaksanakan salah satu tujuannya yaitu mencegah dan menurunkan angka stanting di Kab.Tapin.

Harapan kita kedepan ada kontribusi dari peserta orientasi dalam aksi penurunan stanting, karena dari data saat ini angka stanting kita sudah membaik, dari 83% angka penimbangan bayi, angka prepalensinya stanting berada di angka 14,9%.

Peserta dihadiri oleh para kepala desa, TP PKK Kecamatan, para Kader Pembangunan Manusia yang menjadi wilayah locus stanting yang ada di 10 desa dan dihadiri petugas sanitasi Puskesmas dan nara sumber dihadiri oleh tenaga ahli STBM sanitasi total berbasis masyarakat dari Provinsi Kalsel dan Pamsimas Kab.Tapin dan nara sumber dari Dinkes Tapin dam Dinas PUPR Tapin.{{her/mb03}}