loader image

Pengurusan Izin Usaha Di Masa Pandemi Secara Online

PELAIHARI – Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Tanah Laut (Tala), tetap memberikan pelayanan dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan di masa pandemi secara online sudah disediakan untuk masyarakat yang ingin mengurus perizinan dan non perizinan.

Salah satu pemohon yang mengurus usaha perizinan pangkalan LPG, Supriyatno mengaku sudah beberapa kali mengurus perizinan usaha miliknya dan usaha milik anaknya. Ia pun sempat mengurus secara online dan offline.

 “Kalau online lebih rumit banyak yang diisi, tapi keuntungannya kalau online bisa dikerjakan di rumah,” ujarnya.

Hal tersebut pun diamini oleh Kepala Dinas PMTSP Kabupaten Tala, Joko Wuryanto bahwa di Kabupaten Tala masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan administrasi online.

 “Sejak Maret 2020 pihaknya sudah membuka perizinan dan non perizinan secara online dan disarankan pemohon agar melakukan secara online. Justru lebih cepat sekarang karena ada online, tapi mereka tidak semuanya menggunakan dan rata-rata bisa diselesaikan selama tiga hari,” terangnya.

Lebih lanjut, Joko menghimbau kepada pelaku usaha yang belum melengkapi legalitas usahanya baik perizinan maupun non perizinan untuk segera melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, baik secara online maupun offline agar terjalin koordinasi yang baik antara pelaku usaha dengan Pemkab Tala. Diskominfo/can/ani