loader image

DPMPD Tabalong Berikan Pembekalan Kepada BPD Se Pugaan

PEMBEKALAN –  Anggota BPD Di Kecamatan Pugaan mendapat pembekalan terkait tugas dan fungsinya. mb/ist

TANJUNG – Sebanyak 35 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Pugaan diberikan orientasi dan pembekalan terkait tugas mereka sebagai mitra Pemerintahan Desa, di aula kecamatan setempat.

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan ketat, sebelum memasuki ruangan para peserta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Selain itu, wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta tempat duduk diatur jaraknya. Camat Pugaan, Rony Saputra, mengatakan pembekalan BPD ini diikuti 35 orang dari 7 desa yang ada.

“ Masing-masing desa terdiri dari 5 orang,mereka hasil dari pemilihan anggota BPD beberapa bulan yang lalu, “ katanya, Rabu (14/10). Alokasi dana kegiatan ini berasal dari APBD P Dinas Pemberdayaab Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMP) tahun 2020.

Sebagai narasumber, Kepala DPMPD Tabalong Arianto, Camat Pugaan Rony Saputra, Kabid DPMPD Normaliani beserta dua orang Kasi nya Tri Utomo dan Saberan.  “ Para pameteri menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi, serta kewenangan BPD, “ jelas Rony.

Ditambahkan, pembekalan BPD ini diharapkan akan tercipta sinergitas dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Desa dengan BPD sesuai tugas dan fungsinya.

BPD diharapkan dapat memperkuat fungsi kelembagaannya terutama dalam hal praktek penyelenggaraan Musyawarah Desa maupun Musrembangdes.

Selain itu, BPD diharapkan berperan aktif terhadap pemberdayaan masyarakat, mengawal kesejahteraan masyarakat seperti penyaluran bantuan sosial dan lainnya.

“ Kita mengharapkan BPD juga bisa melakukan pemetaan penyerapan serta penyaluran aspirasi masyarakat untuk dibawa ke dalam Musdes dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “ pungkas Rony. ain/rds