loader image

Tabalong, Kabupaten Pertama Raih Predikat ODF di Kalimantan

SERAHKAN – Kepala Dinas Kesehatan KalselKepala Dinkes Kalsel, HM Muslim menyerahkan piagam penghargaan dari Plt Gubernur Kalsel diterima Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani. Foto – Istimewa.

TANJUNG – Untuk kategori kabupaten, Tabalong merupakan kabupaten pertama yang meraih Predikat Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Terkait hal itu, Pemkab Tabalong menggelar deklarasi ODF yang langsung dipimpin Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani secara virtual dengan dikuti seluruh desa yang ada di daerah ini.

Deklarasi ini dilaksanakan di aula Nan Sarunai Pemkab Tabalong dan juga dihadiri langsung Dirjen Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Imran Agus Nurali dan Kepala Dinkes Kalsel, HM Muslim, Senin (12/10) lalu.

Hadir juga Wabup Tabalong H Mawardi, Ketua TP PKK Tabalong, Hj Syarifah Syifa, unsur pimpinan daerah Tabalong serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tabalong.

Sementara, Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan mengikuti secaravirtual, begitupula beberapa pihak terkait lainnya.Dalam rangkaian kegiatan deklarasi ODF ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan dari Plt Gubernur Kalsel yang diserahkan Kepala Dinkes Kalsel, didampingi Dirjen Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI kepada Bupati Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil usaha dari perjalanan panjang yang dilakukan sejak tahun 2012.

Keberhasilan ini karena seluruh warga masyarakat Kabupaten Tabalong yang makin memahami tentang pentingnya stop buang air besar sembarangan.

“ Penghargaan ini sesungguhnya untuk warga masyarakat Kabupaten Tabalong yang dengan penuh kesadaran setelah meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan,” jelas Anang.

Ditambahkan, keberhasilan ini berkat kerja keras dan kerjasama dari berbagai elemen mulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat kelurahan dan desa.

Termasuk juga dukungan keterlibatan dan kerja bersama dari Yayasan Adaro Bangun Negeri yang didukung sepenuhnya oleh PT Adaro Indonesia, PT Adaro Energy dan mitra kerja termasuk kerja keras dari Pokja Gerakan Tuntas baik tingkat kabupaten kecamatan desa dan kelurahan.

Sementara itu, Dirjen Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Imran Agus Nurali, mengatakan deklarasi ODF Kabupaten Tabalong ini menjadi bagian penting dari Provinsi Kalsel.

Diharapkannya ini juga bisa memotivasi dan mendorong seluruh provinsi di pulau Kalimantan agar bisa mencapai kabupaten dan kota ODF.

Saat ini, imbuhnya, di Indonesia sesuai dengan akses sanitasi di STBM mencapai 79,72 persen kepala keluarga yang sudah akses sanitasi dengan desa sebanyak 33, 10 persen.

Ia berpesan, Tabalong tidak hanya berhenti pada pilar pertama di STBM, namun juga menjadi pionir bagi kabupaten dan kota lainnya untuk ODF dan berhasil meneruskan dalam pilar kedua sampai kelima STBM.

“ Diharapkan Tabalong bisa merintis menjadi Kabupaten Sehat pada tahun 2021 dan pihaknya siap untuk melakukan pendampingan, “ jelas Imran.

Terpisah, Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan mengatakan, capaian Tabalong meraih predikat ODF merupakan capaian dan prestasi yang layak kita banggakan dan apresasi.” Keberhasilan Tabalong ini diharapkannya menjadi awal yang baik bagi Kalsel dan kedepan diharapkan kabupaten kota yang ada di Kalsel bisa mengikutinya, agar Kalsel bisa jadi provinsi ODF,” pintanya. ain/rds