loader image

Pemuda Pelopor Kalsel Diumumkan pada Hari Sumpah Pemuda

HERU SUSMIANTO

BANJARMASIN – Demi meng­­gelorakan lagi semangat pemuda Indonesia,  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, akan menggelar Peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang. 

Dalam pergelaran nanti, di antaranya diagendakan shalat hajat dan salawat bersama serta tausiah. Kemudian diagendakan pengumuman pemenang pemuda pelopor Kalimantan Selatan untuk kemudian mewakili Kalsel ke tingkat Nasional. 

Kabid pengembangan Pe­muda Dinas Pemuda dan Olah­raga (Dispora) propinsi Kalsel, Drs  Heru Susmianto menjelas­kan, untuk pemilihan pemuda pelopor adalah program nasional dari Kementrian Pemuda dan Olahraga yang digelar tiap tahun. 

Tahun 2020 ini, sudah terseleksi 13 pemuda yang masuk menjadi finalis pemuda pelopor. Kemudian, diseleksi lagi menjadi lima pemuda yang dianggap memenuhi persyaratan sebagai pemuda pelopor Kalimantan Selatan.

“Dari lima itu akan dipilih lagi satu orang pemuda pelopor untuk mewakili Kalimantan selatan menjadi pemuda pelopor tingkat Nasional,” ujar Heru, Selasa (13/10).

Nama lima pemuda pelopor tersebut kini sudah dikirimkan ke Kementerian Pemuda dan Olah­raga untuk kemudian dievaluasi layak atau tidaknya dinobatkan sebagai pemuda pelopor. 

“Kami sudah mengirimkan berkas dan profil atau laporan lengkap dari lima pemuda pelopor tersebut ke Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk kemudian ditentukan pusat pemenang pertamanya,” katanya.

Nanti, Kemenpora akan memilih pemuda yang layak menjadi pemuda pelopor yang dinilai memenuhi syarat sesuai bidangnya. 

Ditentukan ada lima bidang pemuda pelopor yakni Bidang pendidikan,  bidang sosial budaya bidang lingkungan hidup, agama, pariwisata dan pangan. 

Khusus Banjarmasin, pe­muda pelopornya sudah terse­leksi sesuai dengan tahapan yang ditentukan dispora Kalsel. Itu, bberbeda dengan 13 kabupaten lain yang harus dilakukan peninjauan di lapangan serta evaluasi lagi.

Ia juga menuturkan, pada tahun lalu pemuda asal Banua Anam tepatnya dari Kandangan, terpilih menjadi pemuda pelopor Kalsel untuk ke tingkat nasional. “Pemuda pelopor itu dinilai dari kepeduliaan dengan mem­budaya­kan seni tari di lingkungan,” kata Heru. via