loader image

Desa Handil Maluka Disiapkan Jadi Desa Layak Anak

PELAIHARI – Sekretaris Daerah kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut (Tala), H Dahnial Kifli menginginkan Desa Handil Maluka, Kecamatan Bumi Makmur menjadi Desa Layak Anak.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan syukuran kampung atau acara tolak bala di Desa Handil Maluka, Selasa (13/10).

Dahnial ingin Desa Handil Maluka menjadi desa yang ramah bagi anak-anak dan dapat memenuhi semua hak dari anak-anak. “Bisa dari permainan yang ada disini ramah dengan anak-anak,” katanya.

Dia berharap jangan mainan terbuat dari besi dan kayu ulin bisa melukai anak dan secara kesehatan serta pendidikan pun harus dipenuhi, jika orangtuanya petani anaknya harus menjadi insinyur lebih baik dari orang tuanya.

Lebih lanjut, Sekda Tala ingin agar para orang tua aktif mengawasi dan memperhatikan tingkah laku dan pergaulan anaknya serta mengingatkan agar tidak ada lagi eksploitasi ataupun kekerasan fisik dan mental kepada anak.

 “Jangan sampai anak dipaksa untuk bekerja dan juga jangan asal main pukul kita adalah negara hukum itu termasuk kekerasan dan bisa dipidanakan,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan penyuluhan hukum tentang perlindungan anak oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tala, Abdul Rahman, SH, MH dan Kepala Bagian Hukum Setdakab Tala, Al Farial, SH MH dan penyerahan lembaran Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Laut Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak kepada Camat Bumi Makmur Sahidanoor dan Kepala Desa Handil Maluka Bakri.

Kegiatan dihadiri Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tala, H Zainal Abidin dan Ketua LKBH Untuk Wanita dan Keluarga Kalimantan Selatan, Yulia, SH, MH. can/ani