loader image

Jamkrida Hadirkan Unit Usaha Syariah

Direktur Utama PT.Jamkrida Kalsel, Suyatno

BANJARMASIN- PT.Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Provinsi Kalimantan Selatan hadirkan Unit Usaha Syariah bagi masyarakat banua yang memang paling tinggi minat perbankannya ke syariah.

Atas dasar permintaan masyarakat tersebutlah, PT.Jamkrida Kalsel memberikan kemudahan pengkreditan Unit Usaha Syariah yang ditujukan bagi UMKM yang ada di banua ini. Direktur Utama PT.Jamkrida Kalsel, Suyatno, mengatakan, sesuai hasil  RUPS yang terdahulu karena permintaan masyarakat ingin penjaminan kredit secara syariah dimana masyarakat Kalsel yang banyak muslim merupakan provinsi yang agamis.

Maka diputuskan akan dibentuk Unit Usaha Syariah di PT.Jamkrida Kalsel yang saat ini sudah jalan 7 tahun ini ada penjaminan secara konvensional. Ini mau dibuat Unit Usaha Syariah jadi dengan tujuan bisnisnya penjaminan kepada UMKM secara syariah dan memang itu permintaan masyarakat.

Untuk Unit Usaha Syariah penjaminan kredit UMKM, nanti menambah modal biar mengajukan ke perbankan syariah nanti PT.Jamkrida Kalsel.”Seperti di perbankan syariah sedangkan penjaminannya yang syariah jadi kita jamin,”ujar Suyatno di Banjarmasin, Jumat (25/9).

Dananya nanti dipisah sesuai POJK harus mempersiapkan Rp 10 miliar penjamin akan ditentukan ada namanya gereng rasio atau perbadingan modal dengan penjamin biasanya sekitar 20 kali modal, nanti kalau sudah dibentuk kalau perlu ditambah akan ditambah. “Biasanya untuk UMKM itu kisarannya dari Rp.5 Juta sampai Rp.500 juta,”jelasnya.

Alhamdulillah beberapa waktu lalu sudah diputuskan oleh pemegang saham telah menunjuk ada 2 dewan pengawas syariah dan saat ini lagi proses sertifikasi di dewan syariah nasional.Prosesnya ditunjuk RUPS, dapat rekomendasi dari dewan pengawas syariah dari MUI provinsi, ada proses dari dewan pengawas syariah pusat.

“Rencana kami ini sudah proses untuk sertifikasi di dewan syariah nasional, setelah keluar sertifikasi keluar fit and profertes di OJK pusat,”tambahnya.

Diharapkan diawal tahun 2021 nanti, Unit Usaha Syariah akan operasional. Memang permintaan masyarakat sangat tinggi di Kalsel potensi nasabah cukup tinggi memakai lembaga keuangan syariah walaupun dimasa pandemi Covid-19, orang kelembagaan keuangan syariah tinggi jangan sampai penjaminan yang lokal untuk menjamin.rds