loader image

Tubuh Kurus Tak Selalu Berarti Kurang Gizi, Ini Sejumlah Hal Penyebabnya

Selama ini seseorang yang memiliki badan kurus selalu dianggap identik dengan kondisi kurang gizi. Nyatanya, kedua hal ini tidak selamanya selalu berhubungan.

Ketua Yayasan Kesehatan Perempuan Zumrotin K. Susilo menerangkan bahwa kekurangan gizi bisa terjadi pada siapa saja. Namun, orang dengan postur tubuh kurus bukan berarti mengalami kekurangan gizi.

“Kurus itu bukan berarti kekurangan gizi apabila memang makanan yang diserap pada metabolisme tubuhnya itu tidak bagus, maka vitamin-vitamin tidak terserap seluruhnya. Dia sebetulnya sehat tapi dia tidak bisa gemuk,” ujar Zumrotin beberapa waktu lalu.

Secara sederhana, jika seseorang memiliki badan kurus namun tingginya memadai maka orang tersebut bukan berarti mengalami kekurangan gizi.

“Ini bisa diatasi dengan olahraga, orang kurus juga perlu olahraga bukan hanya orang gemuk. Karena olahraga itu bisa menggemukkan atau memberikan isi pada badan tapi juga bisa membuat kurus mereka yang gemuk,” terangnya.

Ia menambahkan, olahraga adalah hal yang penting bagi setiap orang. Jika orang kurus yang sudah makan makanan gizi seimbang tapi berat badannya tidak naik itu bisa disebabkan metabolisme yang kurang bagus.

“Bisa jadi juga karena cacingan, kebersihan itu sangat berpengaruh pada risiko cacingan,” terangnya.mdk/ron