loader image

Paman Birin Serap Aspirasi Masyarakat

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menggunakan motor trail saat menyapa masyarakat pedesaan dalam kegiatan turun ke desa menjemput aspirasi masyarakat. humpro

MARTAPURA – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama kolega kembali melaksanakan giat turun ke desa (Turdes) mengunjungi berbagai daerah pelosok Kalsel, start dari Kiram Park, Kabupaten Banjar, Minggu (20/9) sekitar jam 07.00 pagi.

Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) itu bersama rombongan masing-masing berangkat menggunakan motor trail. Kegiatan Turdes ini digelar untuk silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat di berbagai pelosok banua.

Dari kawasan Kiram Park, Paman Birin bersama rombongan mengunjungi masyarakat pedesaan dan sepanjang perjalanan Paman Birin menyapa masyarakat guna mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat pedesaan.

Selama pandemi Covid-19, Paman Birin baru kembali melakukan kegiatan turun ke desa untuk menyerap aspirasi masyarakat sebagai masukan pemerintah dalam mengambil kebijakan pemerintahan dan pembangunan.

Turut mendampingi Paman Birin, antara lain Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Planologi dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DR H Hanif Faisol Nurrofiq.

Selain itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalsel, H Isharwanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), H Zakly Aswan dan Plt Kepala BPDB Provinsi Kalsel, Mujiyat.

Dilaporkan, setelah menempuh perjalanan dari Kiram Park, Paman Birin meletakkan batu pertama pembangunan masjid di kawasan Politeknik Negeri Tanah Laut (Tala) di Pelaihari sebelum melanjutkan perjalanan ke pelosok desa lainnya.

Program Turdes sendiri sudah sering dilakukan Paman Birin sebagai jembatan untuk merekatkan silaturahmi dengan rakyat sekaligus menyerap aspirasi.

Dampak positif manfaat Turdes yang sudah dirasakan masyarakat antara lain pembangunan jalan antardesa, kecamatan dan kabupaten, pembangunan gedung sekolah lanjutan atas sederajat di pelosok desa dan pembenahan sektor-sektor pembangunan strategis lainnya.

Terakhir kegiatan Turdes dilakukan Paman Birin dan koleganya pada akhir tahun 2019 lalu. ary/syha/ani