loader image

Bupati Panen Perdana Demplot Padi Unggul

Panen Padi – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta bersama Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin saat melakukan panen padi perdana varietas unggul nasional di lahan Demplot di Desa Karangrejo, Sabtu (19/9). hms

PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta ber­sama Direktur Utama Bank Kal­sel, Agus Syabarrudin, Kepala Ca­bang Bank Kalsel Tala dan Poktan Unggul 1, Desa Karang Rejo, Sabtu (19/9) melakukan panen perdana Demplot Padi Varietas Unggul.

Panen perdana padi varietas ung­gul di lahan 10 hektar ter­se­but merupakan varietas ung­gul yang didatangkan dari luar Kalimantan.

Bank Kalsel, kata Agus, sangat mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Selatan agar petani kita bisa me­ng­ge­rak­kan perekonomian, tentunya kami bersyukur dengan ke­ber­ha­silan petani.

“Saya kira hal itu sesuai ko­mit­men melalui MoU dengan Kementerian Pertanian, Bank Kal­sel siap membina dan mem­per­mudah petani dalam me­ngem­bangkan produksi per­ta­nian,” ujar Direktur Bank Kalsel disela Panen Perdana Padi Va­rietas Unggul tersebut.

Menurut Agus, hal itu adalah komitmen perbankan Bank Kalsel untuk meningkatkan produksi per­tanian termasuk di Tanah Laut, demi ketahanan pangan dan juga penyediaan saprodi. Sa­lah satunya Demplot Varietas Unggul Padi yang didatangkan dari Bogor, Jawa Barat.

Demplot ini bisa di­kem­ba­ng­kan menjadi potensi produktivitas pe­tani, terlebih petani diberikan pendampingan dari orang ahli pertanian yang handal.

“Upaya Bank Kalsel yang me­rupakan Bank Milik Daerah termasuk  Pemkab Tanah Laut salah satu pemegang saham. Kami bisa menyukseskan apa yang dicanangkan bupati bidang pembangunan,” katanya.

Dia berharap, semoga ke­tahanan pangan yang di­ca­nang­kan Provinsi Kalsel dan Pemkab Ta­la, pihaknya bisa selalu hadir untuk memberikan support. Apalagi Bank Kalsel sahamnya juga dimiliki Kabupaten Tanah Laut. “Tentu Kabupaten Tala sangat komitmen mendukung berkembangnya Bank Kalsel,” katanya lagi.

Bank Kalsel juga mem­be­ri­kan kemudahan pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi mas­yarakat Tanah Laut yang punya usaha.

Sementara itu, Bupati Tala, H Sukamta mengaku Bank Kal­sel salah satu perbankan yang mam­pu memberikan kemudahan kredit bagi warga Tanah Laut yang ingin berusaha. Salah Sa­tu­nya para petani yang sudah me­ra­sakan kemudahan tersebut.

Saat ini, sebut Sukamta, tidak ada warga Tanah Laut yang tidak me­miliki akses modal. Sebab saat ini tim percepatan akses keuangan daerah telah terbentuk, hal itu upaya kita agar warga mudah mendapatkan pinjaman modal usaha.

Seiring telah berjalan Prog­ram Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah).

“Jadi yang mau pinjam dana dibawa sepuluh juta rupiah, maka bisa melalui Bank Per­kre­di­tan Rakyat (BPR), kalau pin­jam diatas dua puluh juta rupiah m­aka bisa langsung ke Bank Kalsel. Sebab kita sudah bi­ca­ra­kan ini dengan Bank Kalsel,” katanya.

Cukup menarik melalui prog­ram Gapura Karomah di­ba­wa Pemerintah Sukamta-Abdi Rah­man pinjaman Rp5 juta kebawah tidak dikenakan bunga. “Pinjaman Rp5 juta kebawah bu­nganya 0 persen alias tidak di­ke­nakan bunga,” tutup Sukamta. can/ani