loader image

WUB Pemko Sudah Mencapai 2.847 Peserta

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina, memberikan bantuan peralatan produksi bagi WUB di Pendopo DKP3 Banjarmasin, Rabu (16/9). mb/via

BANJARMASIN – Berjalan empat tahun sejak kepemimpinan Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina dan Wakilnya Hermansyah, program pembinaan Wira Usaha Baru ( WUB) kini sudah men­capai 2.847 Peserta.

Program WUB ini, di­jalankan tujuh SKPD Pemko Banjarmasin yakni Dinas Per­dagangan dan Perindustrian, Dinas Kebudayaan dan Pari­wisata,  Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial,  Dinas Pengendalian Penduduk Ke­luarga Berencana dan Pem­berdayaan Masyarakat (DP­PKBPM) Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Dinas Keta­hanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3).

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menuturkan, adanya program untuk  WUB tersebut diharapkan mampu memperkuat daya tahan ekonomi Banjarmasin ini. Apalagi program dukungan diberikan stimulus agar ekonomi masyarakat semakin membaik. 

“Kita ingin usaha WUB juga semakin fokus pada mutu se­hingga usaha mereka layak masuk pasar nasional seperti minimarket, atau pamgsa pasar lebih luas” kata Ibnu, usai memberikan bantuan peralatan produksi bagi WUB di Pendopo DKP3 Banjarmasin, Rabu (16/9).

Ibnu mengatakan  tahun ini sebagai dukungan pemerintah daerah,  pemko tak hanya melakukan pembinaan WUB namun juga sedang menggarap pangsa pasar khusus produksi para WUB.  

“Ini sedang digarap semacam foodcourt UMKM center sebagai wadah bagi UMKM dan tempat­nya di rumah produksi sasi­rangan yang akan dilauncingkan pada hadjad 494 nanti,” katanya.

Ia juga menuturkan, seba­n­yak 5.800 UMKM terdiri dari WUL (Wira Usaha Lama) dan WUB masuk binaan pemko Banjarmasin. “Di antara UMKM tersebut sudah mendapatkan bantuan dari Presiden sekitar Rp 2,4 juta/UMKM. 

Sementara dari pemerintah kota untuk membantu UM­KM dalam permodalan, kini sedang dijalankan program Bahuma (Bausaha Tanpa Bunga) yang sudah berjalan sejak September ini. via