loader image

Puluhan Warga Terjaring Operasi Yustisi Penerapan Perbup PKM

OPERASI YUSTISI – pelaksanaan operasi yustisi yang digelar aparat gabungan guna memutus penyebaran Covid-19 di Kab.Tapin. mb/her

RANTAU – Aparat gabungan yang terdiri dari personel Polres Tapin, Kodim 1010 Rantau, BPBD Kabupaten, Orari Kabupaten Tapin Satpol PP dan Dishub Kabupaten Tapin, selasa (15/09/2020) melaksanakan operasiyustisi  penerapan peraturan bupati No.20 tahun 2020 tentang pembatasan kegiatan ma­syarakat dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Kab.Tapin.

“Pelaksanaan iperasi yustisi (razia masker) dalam rangka percepatan penanganan covid-19 dan sekaligus melaksanakan penerapan protokol kesehatan di wilayah hukum Plres Tapin,” ungkap Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto SIK melalui Kabag Ops Polres Tain AKP Rainhard Maradina.

Ditambahkan Rainhard Maradona, tujuan dilakukan iperasi yustisi atau azia penggunaan masker agar masyarakat dapat disiplin dan mengikuti protokol kesehatan serta sadar akan bahayanya covid 19 serta terhindar dari covid 19 sekaligus mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid19 di masyarakat.

“Pelaksanaa operasi ini berdasarkan Peraturan Bupati Tapin No. 20 tahun 2020 tentng pembatasan kegiatan masyarakat dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian ovid 19.­”paparnya.

Dalam operasi yustisi yang di laksanakan serentak di wilayah Kalsel, Polres Tapinmemilih tempat operasi di jalan Jend. H Hasan Basry atau di depan Kantor Bupati Tapin.

Dalam kegatan operasi tercatat sebanyak 31 orang terjaring tidak menggunakan masker. Sebanyak 26 orang diberi teguan lisan dan 5 orang lainnya diberikan sanksi sosial.

Selanjutnya dilakukan pendataan dengan mencatat nama dan diberikan sanksi hukuman berupa tindakan fisik berupa push up “Kemudian kita berikan masker bagi yang tidak menggunakan masker bagi yang kedapatan tidak memakai memakai masker.” Papar Rainhard.

Dari pantuan awak media, sebelum pelaksanaan operasi para personel terlebih dahulu mengikuti Apel bersama di halama Mapolres Tapin.her/ris