loader image

FORMI Diharapkan Kembangkan Olahraga Rekreasi

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat menyampaikan sambutan pada silaturrahmi dengan pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalsel, di Mahligai Pancasila Banjarmasin. humpro

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengharapkan federasi olahraga rekreasi masyarakat Indonesia (FORMI) Kalsel mampu mengembangkan olahraga rekreasi di banua ini.

 “Saya berharap FORMI Kalsel mampu mengemban tugas mengembangkan olahraga rekreasi serta memelihara adat dan tradisi masyarakat di banua ini,” ujarnya pada silaturrahmi dengan pengurus FORMI Kalsel, di Mahlihai Pancasila Banjarmasin, kemarin.

FORMI sebagai organisasi yang menaungi olahraga rekreasi, kata Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) itu hendaknya mampu mengangkat olahraga tradisional agar berkembang dan bisa tetap lestari ditengah perkembangan zaman.

Paman Birin juga berharap FORMI mampu bersinergi dengan induk olahraga lainnya dalam upaya melakukan pembinaan atlet di banua ini sebagai bagian penting dari pembangunan bidang keolahragaan di banua tercinta ini.

Pemprov Kalsel, lanjut Paman Birin, berusaha mendukung setiap kegiatan yang dilakukan FORMI Kalsel agar mampu mengangkat olahraga tradisional, apalagi jenis olahraga yang hampir punah.

Paman Birin mengakui, akhir-akhir ini pemerintah sedang fokus menghadapi Covid-19, akibatnya hampir semua kegiatan terhenti, tetapi saat ini kegiatan mulai bangkit.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk keluarga besar FORMI Kalsel untuk bersama menjaga protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir,” katanya.

Terpisah, Sekretaris FORMI Kalsel, Hj Galoeh Khairunnisa mengharapkan dukungan Pemprov Kalsel untuk membangun fasilitas serta sarana dan prasarana olahraga rekreasi di Kalsel, seperti fasilitas olahraga lainnya.

Karena selama ini, kata Nisa –panggilan akrabnya, atlet olahraga rekreasi juga telah mampu mengharumkan nama Kalsel seperti pada Fornas tahun 2017 Kalsel mampu menjadi juara umum, sedangkan tahun 2019 menduduki posisi tiga besar nasional.

Tahun 2021, katanya, FORMI Kalsel berencana akan mengikuti even internasional. Karena itu, dibutuhkan dana cukup besar dan pihaknya telah mengajukan dana hibah sebesar Rp 6 miliar, sedangkan tahun 2022 mengajukan hibah Rp 7 miliar.

“Kami mengajukan dana hibah tahun 2021 itu untuk mengikuti even internasional dan pembinaan atlet, untuk tahun 2022 akan mengikuti even nasional,” kata Nisa.

Menanggapi permintaan dana dari FORMI Kalsel itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor usai silaturrahmi itu menyatakan akan membicarakan dengan DPRD. ani