loader image

DPRD Kalsel Bakal Proses Dua PAW

H RUSLI

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan bakal memproses dua pengganti antar waktu (PAW) wakil rakyat yang mengundurkan diri, baik mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ataupun alasan lain.

Dua nama anggota dewan tersebut yakni H Rusli dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) dan Habib Ahmadi Al-Atas dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kalsel.

“Kita segera memproses PAW anggota DPRD Kalsel, agar tidak terjadi kekosongan di fraksi dewan masing-masing,” ujar Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK di Banjarmasin, Rabu (16/9).

Anggota Fraksi Partai Golkar, H Rusli yang maju sebagai bakal calon bupati di Kabupaten Banjar, akan digantikan peraih suara terbanyak di daerah pemilihan yang sama yakni Gusti Rusdiansyah.

“Jadi Gusti Rudiansyah akan menggantikan H Rusli, yang berasal dari daerah pemilihan Kalsel II, yang meliputi Kabupaten Banjar,” tambah politisi Partai Golkar.

Menurut Supian, surat usulan PAW ini sudah disampaikan Gubernur Kalsel kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan tinggal menunggu SK keluar.  “Jika sudah keluar, kita bisa melakukan pengambilan sumpah jabatan. Mudah-mudah dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Selain itu, ada usulan PAW dari PAN yakni Habib Ahmadi Al-Atas, yang mengundurkan diri sebagai wakil rakyat. “Ini akan kita proses sesuai ketentuan,” ujar Supian HK.

Anggota Komisioner KPU Kalsel, Hatmiati, membenarkan telah menerima surat dari Sekretariat DPRD Kalsel terkait anggota DPRD Kalsel yang akan di PAW yakni anggota Fraksi Partai Golkar, H Rusli dan Habib Ahmadi Al-Atas dari Fraksi PAN DPRD Kalsel.

 HABIB AHMADI AL-ATAS

“Kita belum melihat ke dalamnya, pada prinsipnya KPU tidak melihat alasan mundur tapi kita melihat ada surat resmi dari DPRD Kalsel untuk proses PAW kemudian ita akan menyampaikan urutan berikutnya siapa, dapil mana dan kelengkapan syaratlainnya,” ujar Hatmiati.

Biasanya setelah diterima surat akan diproses lagi selama 5 hari, akan dilihat lagi data yang bersangkutan syarat calonnya apakah memenuhi syarat calon atau tidak,misalnya memperbaharui SKCK, kesehatanlainnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPW PAN Kalsel, H Muhidin membenarkan ada kadernya yang di PAW yakni Habib Ahmadi Al-Atas dari Fraksi PAN DPRD Kalsel dengan alasan sesuai kesepakatan dan perjanjian partainya.

“Jadi PAW Habib Ahmadi Al-Atas sudah ada surat perjanjiannya, nanti yang menggantikannya adalah Sarudin yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD PAN Kabupaten Banjar,” jelas Muhidin. rds