loader image

4 Penyebab Tubuh Masih Terasa Lelah Saat Bangun Tidur

Seharusnya, tubuh terasa bugar dan prima setelah tidur semalaman. Tapi tak jarang, seseorang bangun dengan kondisi lemah dan lesu. Pasti ada yang salah!

Saat tidur, tubuh melakukan recovery untuk mengembalikan kondisi kebugaran. Sel-sel yang rusak karena kelelahan diperbaiki saat seseorang tidur.

Nah jika proses recovery tidak optimal, maka tubuh tidak akan terasa bugar meski sudah merasa tidur lelap sepanjang malam.

Berikut 4 penyebab bangun tidur terasa lelah, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Kasur

Sebuah penelitian dikutip dari Greatist, menunjukkan bahwa kualitas tidur dan rasa lelah pada tubuh di pagi hari disebabkan oleh kasur yang digunakan. Selain itu, penelitian menemukan kasur yang keras bisa mencegah dari rasa lelah setelah bangun tidur.

2. Suhu ruangan di kamar tidur

Suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan kegelisahan dan membuat kamu sulit tidur. Suhu ruangan berperan penting dalam kenyamanan saat tidur. Jika kamu gelisah dan sulit tidur, menyebabkan tubuh terasa lelah dan pegal saat bangun tidur.

3. Pola tidur buruk

Membayar hutang tidur saat hari libur merupakan kebiasaan buruk. Ketika kamu mengubah rutinitas tidur, akan mengalami gejala kelelahan seperti jet-lag, mudah mengantuk, dan kebingungan. Jika kamu memiliki hutang tidur, cobalah tidur siang selama 20 menit sehingga tidak mengubah waktu tidur.

4. Tidur dengan mulut terbuka

Jika kamu bangun dengan rasa lelah dan mulut kering, kemungkinan besar disebabkan oleh tidur dengan mulut terbuka. Pernapasan mulut dapat menyebabkan mendengkur dan menghabiskan pasokan oksigen selama tidur. Kadar oksigen yang rendah dapat menyebabkan kelelahan.dtc/ron