loader image

Cerita Ketua PWI Sosok Dibalik Kesuksesan HPN 2020

Berfoto Bersama – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor berfoto bersama Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari dan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie usai pembukaan seminar Peran Pers Mengawal Pemilu yang Bermartabat di Banjarmasin.

BANJARMASIN – Sosok Gu­ber­nur Kalimantan Selatan, H Sah­birin Noor dinilai berperan be­sar dibalik kesuksesan Kalsel me­nggelar even nasional Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020.

“Saya salut dengan perhatian Pa­man Birin (sapaan akrab Gu­bernur Kalsel) itu terhadap dunia pers, beliau adalah penyelamat even nasional HPN,” kata Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring De­pa­ri, di Gedung PWI Kalsel, di Ban­jarmasin, Senin (14/9) siang.

Diceritakan Atal, se­be­lum­nya perhelatan HPN akan digelar di Sumatera Utara. Namun jelang ha­ri H dibatalkan. “Saat itu Pa­man Birin menyanggupi Kalsel jadi tuan rumah HPN 2020, saya la­ngsung bisa tidur nyenyak ma­lam harinya,” ungkap Atal.

Perhelatan HPN 2020 di Kal­sel dinilai sukses pe­lak­sa­na­an­nya, hal itu dapat dilihat dari ap­reasiasi yang diberikan Pre­si­den Jokowi dan kehadiran ban­yak duta besar serta menteri.

Karena itu, Atal baru bisa me­ng­­ucapkan terima kasih se­ka­­rang sejak setelah gelaran HPN. “Mohon maaf Paman Birin kami ba­ru bisa me­ng­u­cap­kan apresiasi dan terima kasih ha­ri ini, karena se­belumnya tak sem­pat ke Kalsel aki­bat wabah co­vid,” kata Atal.

Sementara itu, Ketua PWI Kal­sel, Zainal Helmi meng­u­cap­kan terima kasih atas dukungan Pa­man Birin serta jajaran Pem­prov Kalsel sehingga HPN ber­ha­sil digelar dengan sukses. Zainal Helmie juga me­la­por­kan PWI sudah menyiapkan al­kah untuk pemakaman keluarga be­sar organisasi PWI.

Sementara kehadiran Gu­ber­nur Kalsel Paman Birin secara re­s­mi membuka seminar dengan te­ma Peran Pers Mengawal Pe­milu yang Bermartabat. Paman Bi­rin menilai keberadaan pers di­per­lukan sebagai fungsi kontrol da­lam kehidupan bernegara.

“Tanpa pers seperti sayur tan­pa garam, karena itu keh­a­dir­an pers penting sebagai fungsi kon­trol dan penyambung ko­mu­ni­kasi rakyat dan pemerintah,” ka­tanya.

Paman Birin juga me­ng­ha­rap­kan dalam Pilkada 2020 da­pat berlangsung langsung umum be­bas rahasia (Luber) demi me­wu­judkan pemilu bermartabat agar semua tahapan berjalan de­ng­an adil dan transparan.

“Saya kira dibutuhkan pe­ng­awasan seluruh elemen, ter­masuk peran pers selaku alat kon­trol sosial, karena disadari ha­sil proses demokrasi akan me­nentukan arah pembangunan se­lanjutnya,” papar Paman Birin.

Hadir juga dalam silaturahmi ter­sebut tokoh pers banua H Gus­ti (P) Rusdi Effendi AR, Ke­tua Dewan Kehormatan PWI Kal­sel, Fathurrahman dan Ketua Mappilu (Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu) Suprapto. ary/ani