loader image

Bupati Buka Muscab Kwarcab Pramuka Tala

Menghadiri – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat menghadiri Musda Kwarda Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Laut di Pelaihari.

PELAIHARI – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar musyawarah cabang (Muscab) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (15/9).

Ketua Panitia Muscab, Abdul Gani mengatakan Muscab ini dilaksanakan selain mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan juga untuk menyusun rencana dan program kerja kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tala untuk lima tahun kedepan.

Ketua Harian Kwarda Pramuka Provinsi Kalsel, Muhammad Rusli me­nga­ta­kan bahwa pramuka adalah tempat persemaian generasi muda calon pemimpin masa depan bangsa dan negara, oleh karena itu kehadiran pramuka di Indonesia ini tidak bisa dilepaskan dengan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pahlawan dan pejuang kita dahulu ikut dalam kegiatan kepramukaan yang kita kenal dengan sebutan pandu, itulah sebabnya kata pandu di­se­but­kan di dalam lagu Indonesia Raya,” katanya.

Selain itu, Rusli berharap Muscab ini berlangsung lancar dan melahirkan Ketua dan pengurus Kwarcab yang mampu melahirkan program inovatif.

Sementara itu, Bupati Tala, HM Sukamta yang membuka Muscab tersebut men­yam­pai­kan bahwa pramuka merupakan mitra ataupun perpanjangan tangan dari pemerintah dalam hal untuk membangun dan membina watak dan karakter generasi muda.

Dengan kehadiran pramuka, kata Sukamta, diharapkan dapat me­ng­hin­dar­kan generasi muda dari pengaruh negatif yang bisa merusak masa depan bangsa.

“Pada saat ini yang mana kita ketahui bersama generasi muda sangat banyak di­pe­ngaruhi oleh hal-hal yang negatif ditambah dengan perkembangan teknologi sehingga dengan mudah terjerumus Narkoba, kenakalan remaja dan sebagainya sehingga melalui gerakan pramuka bisa menjadi benteng dari pengaruh negatif itu,” harap Sukamta yang juga selaku Ketua Mabicab Pramuka Tala.

Bupati juga berharap melalui Muscab ini bisa menghasilkan program yang bermanfaat dan diaplikasikan serta pengurus yang kreatif sehingga nantinya bisa membuat gerakan pramuka di Kabupaten Tala semakin baik lagi.

Dalam pembukaan Muscab itu, turut dihadiri para Forum koordinasi pimpinan daerah (For­kopim­da) selaku Wakil Mabicab  Pramuka, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku anggota Mabicab serta para pengurus Kwarcab Tala. can/ani