loader image

Kemkominfo Gelar Kejurnas Kempo Virtual

BANJARMASIN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk pertama kalinya menggelar Kejuaraan Nasional Piala Menkominfo 2020 Tandoku Virtual Shorinji Kempo yang berlangsung 13-14 Agustus.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa kejuaraan virtual tersebut diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUR ke-75 RI.

“Ini menjadi bagian dari rangkaian HUT RI. Kejuaraan ini memang tidak lazim digelar secara virtual, tetapi di masa pandemi ini pertandingan olahraga harus bermigrasi ke ruang digital,” kata Johnny saat membuka Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo. “Untuk pertama kalinya kejuaraan kempo virtual kita dapat disaksikan oleh negara-negara ASEAN,” kata dia

Johnny berharap kejuaraan nasional tersebut dapat menghasilkan kenshi (atlet kempo) yang tidak hanya mampu berkompetisi di turnamen internasional, tetapi juga bisa menjadi duta-duta pola hidup sehat dan duta disiplin protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir dalam pembukaan menyambut baik inisiasi Kemkominfo dalam menggelar kejuaraan kempo di saat seluruh kegiatan olahraga harus terhenti akibat pandemi COVID-19.

“Kejuaraan ini berati ada aktivitas di bidang olahraga. Saya bergembira kempo sudah memulai ini walaupun virtual. Sebelumnya sudah ada kejuaraan virtual cabang menembak dan panjat tebing,” tutur Zainudin.

Kejuaraan Nasional Piala Menkominfo Tandoku Virtual Shorinji Kempo 2020 mem­per­tan­di­ng­kan tujuh nomor pertandingan, dan diikuti oleh 34 kontingen dari 33 provinsi dengan total peserta 293 orang.

Untuk menghindari kontak fisik, kejuaraan yang dipertandingkan menggunakan dengan teknik tandoku atau gerakan dasar mandiri, meliputi teknik dan jurus memukul, melipat, membanting, dan mengunci lawan.

Mujiyo, S. Sos, MM Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin mengatakan, kejuaraan ini sekaligus untuk meningkatkan SDM Kempo di Kalsel. Teknis penilaian dilakukan secara online.

Ditambahkan, Dr. Syaharuddin, Sekum Perkemi Kalsel untuk atlet Kalsel yang mengikuti Kejurnas ini ada 6 orang dengan 7 nomor yang dipertandingkan.

“Mereka yang ikut adalah atlet pelatda Kempo untuk PON, tujuannya agar mereka mem­per­ban­yak pengalaman tanding,” katanya.

Ditambahkan Lucky Permana, official pertandingan, untuk kejurnas ini nomor yang dipertandingman terbilabg nomor baru, dan persiapan hanya satu bulan dan tak ada target pada kejuaraan ini.

Adapun nomor yang diikuti adalah Embo solo, seni perorangan yang bisanya berpasangan. Ki­o­ken­shi putra dan putri serta biodan putra putri dan beregu solo. Mad