loader image

Pemko Akan Sosialisasikan Selama 14 Hari

Perwali No 60/2020 Hari Ini Diluncurkan

H IBNU SINA

BANJARMASIN – Pemko Banjarmasin Jumat (14/8) hari ini meluncurkan Perwali No 60 tahun, 2020 tentang pelaksanaan hukum protokol kesehatan Covid -19 di Banjarmasin.

Launcing ditandai dengan apel bersama TNI dan Polri di halaman Balaikota Banjarmasin. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, Perwali Nomor 60/2020 tersebut akan disosiali­sasikan selama 14 hari ke depan. 

 “Mulai dilauncingkan pada 14 Agustus hingga 14 hari ke depan yakni tanggal 21 Agustus. Setelah tanggal itu maka aturan perwali diterapkan kepada masyarakat,” kata Ibnu, pada jumpa pers Rabu (12/8).

Ia menambahkan, dalam per­wali tersebut juga ada sedikit revisi. Dari sebelumnya ada 18 pasal, maka direvisi menjadi 16 pasal. Kemudian di antara pasal tersebut, ditetapkan sanksi denda administrasi senilai Rp 100 ribu hingga sanksi sosial.

Kemudian diatur juga te­n­tang bagaimana penye­leng­garaan jenazah Covid-19 yang mem­perhatikan norma agama serta norma budaya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Ibnu juga menjelaskan, sanksi administrasi Rp 100 ribu tersebut, tetap akan dilakukan sebagai pemberian efek jera dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Apalagi kini sudah ada instruksi Mendagri yang boleh menerapkan denda, yang dise­suai­kan dengan kondisi daerah. Tak hanya itu, ada juga Inpres No 6 yang juga ada men­ye­butkan terkait denda administrasi.

 “Bisa saja nanti diterapkan pemberian masker atau hand sanitaiser dengan nilai yang sama yakni Rp 100 ribu,” katanya. Ia berharap, dengan ada­nya sosialisasi perwali ter­sebut masyarakat bisa me­mahami, disiplin serta sanksi hukum berupa denda apabila melanggarnya. via