loader image

Makam Sultan Suriansyah Bisa Diziarahi Lagi

MAKAM Raja Banjar, Sultan Suriansyah kembali dibuka untuk peziarah mulai Jumat (14/8) ini. jejakrekam

BANJARMASIN – Setelah lama ditutup, Kompleks Makam Sultan Suriansyah di Jalan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara dipastikan bakal kembali dibuka dan diziarahi lagi pada Jumat (14/8) ini.

Keputusan ini mencuat se­telah adanya rapat terakhir yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Banja­r­masin bersama tim khusus yang dibentuk untuk menye­lesaikan konflik kepengurusan pengelolaan makam, Rabu (12/8).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Doyo Pudjadi, menjelaskan rencana pembukaan makam Raja Banjar pertama ini sudah disampaikan kepada kedua belak pihak, baik pengelola lama maupun baru.

 “Jadi tidak ada alasan apa­pun, diputuskan besok pada pukul 9, tim bakal membuka makam dan bakal dikawal kepolisian. Sudah komunikasi juga dengan kedua pihak,” ucapnya, Kamis (13/8).

Untuk mengingatkan, sejak konflik ini mulai memanas pada April lalu, terhitung sudah tiga kali kawasan makam Sultan Suriansyah digembok oleh kedua belah pihak. Pertama pada 5 dan 20 April lalu. Dan terakhir, sekitar pertengan Juli tadi.

Polemik yang berlarut-larut membuat Pemerintah Kota Ban­jar­­masin dituntut untuk meng­ambil keputusan tegas dengan meng­ambil alih pengelolaan sementara, selama makam masih berstatus quo atau belum ada kepastian.

Pemkot meminta kedua pihak pengelola untuk saling mem­buktikan ahli waris yang sah secara hukum di pengadilan agama. Pasalnya, yang berhak mengelola dan menjadi pengurus Makam Sultan Suriansyah adalah ahli waris atau keturunannya.

 “Pemko Banjarmasin turun tangan karena ini adalah cagar budaya. Jadi tidak boleh d­i­tutup,” kata Doyo. Khusus untuk pengelolaan makam nantinya, Doyo meng­ungkapkan bahwa pihaknya akan kembali membentuk Tim Penge­lola Sementara. Di mana tim tersebut melibatkan pemko, kepolisian serta sejumlah pihak dari kecamatan dan kelurahan setempat.

Terkait masalah pengelolaan keuangan di makam Sultan Suriansyah, Doyo menyatakan bahwa pemko akan selalu terbuka baik soal pemasukan maupun pengeluaran.

 “Akan dibuka rekening. Tapi rekening ini bukan atas nama Pemko Banjarmasin, namun atas nama tim pengelola sementara,” pungkas Doyo. jjr