loader image

Kodim Amuntai Gelar Komsos Pencak Silat se HSU

BERSAMA – Pemenang kejuaraan pencak silat berfoto bersama saat di halaman Kodim Amuntai.{{yusuf}}

AMUNTAI – Kodim 1001Amuntai menggelar Pergelaran Pencak Silat Tradisional se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), kemarin di halaman Kodim Amuntai.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Dandim Amuntai Letkol Inf Ali AS, Ketua KONI, Kepala Dinas Porapar, Ketua IPSI dan perguruan pencak silat se Kabupaten HSU.

Ketua KONI HSU H.Barkati menyambut baik dengan diadakannya pagelaran pencak silat dalam rangka komsos ( komunikasi sosial ) kreatif, dimana kita ketahui bahwa sekarang ini kita masih dalam suasana pandemi covid-19 tetapi dengan adanya pagelaran ini serasa mengobati keinginan kita untuk melaksanakan suatu pertandingan karena kita tahu dalam masa sekarang ini kita hanya melaksanakan latihan dan latihan terus.

“Semoga kegiatan olahraga pencak silat dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. Setiap tahunnya IPSI HSU mengadakan investasi  emilihan Dody yang aka  melaksankan pertandingan keluar daerah,” bebernya.

Dandim Amuntai Letkol Inf Ali AS mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah program pembinaan teritorial TNI AD pada hakikatnya adalah kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan  TNI – Rakyat melalui berbagai kegiatan diantaranya pagelaran pencak silat.”Ini adalah upaya melestarikan kesenian dan budaya tradisional yang dikemas dengan komsos kreatif,” sebutnya.

Kegiatan dilanjutkan berbagai kegiatan pagelaran pencak silat dari masing-masing perguruan pencak silat sebanyak delapan perguruan yang ada di hsu antara lain dari perguruan pencak silat panca warna, pagar nusa, kera sakti, tapak suci, kuntaw.

Sementar itu, Setalah selesai kegiatan pagelaran Dandim 1001 Amt beserta ketua koni, dan kadis pora par kab hsu menyerahkan piagam penghargaan,sembako dan uang pembinaan kepada masing-masing ketua perguruan pencak silat yang mengikuti pagelaran dan dilanjutkan foto bersama. (suf/mb03)