loader image

12 Juta UMKM Dijanjikan Dapat Modal Kerja

Ilustrasi ©WEB

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan bantuan insentif modal kerja bagi 12 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus dimatangkan pemerintah. Adapun saat ini proses tersebut sedang difinalisasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Terkait dengan modal kerja untuk 12 juta UMKM sedang difinalisasi,” kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (5/8).

Airlangga menambahkan, dukungan insentif lain yang sedang finalisasikan oleh pemerintah yakni di sektor ketenagakerjaan. Di mana, kata dia, mereka yang bekerja atau terkena PHK sedang disiapkan datanya melalui BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan nama dengan alamatnya.

“Ini program difinalkan ti jangka pendek mereka yang terdampak PHK data kemnaker 2,1 juta ini diselesaikan melalui kartu prakerja dahulu. Jadi prioritasnya itu dulu baru program lanjutan,” tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pada awal Agustus akan memberikan bantuan modal kerja produktif, kepada 12 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV.

“Sebentar lagi di awal Agustus akan kita berikan kepada 12 juta UMKM, kita namakan bantuan modal kerja produktif kita harapkan akan mengungkit ekonomi kita,” kata Jokowi di Istana Presiden, Jakarta. mdk/mb06