loader image

Langgar Protokol Covid-19 Dikena Sanksi Hingga Denda

PELAIHARI – Dalam upaya me­­mutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Tuntung Pan­dang, Kabupaten Tanah Laut, Bu­­pati Tala, H Sukamta me­ngam­­bil tindakan tegas dengan me­­nge­luarkan Peraturan Bupati (Per­bup).

Dalam Perbub tersebut ter­dapat sanksi tegas bagi warga mas­yarakat yang melanggar aturan Covid-19. “Saya sudah tan­datangani (Perbup) untuk pe­lak­sanaan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar bupati, Rabu (28/7).

Perbup yakni Nomor 99 Tahun 2020 tentang protokol ke­sehatan Covid-19 dan pengenaan sanksi terhadap pelanggaran pe­lak­sanaan protokol kesehatan dalam rangka percepatan pe­na­nga­nan Covid-19 di Tala.

“Masyarakat yang tidak me­ng­­gunakan masker dan tidak menjaga jarak akan mendapatkan pe­ringatan bertahap sampai dengan denda sebesar Rp100 ribu,” tandasnya.

Sukamta menjelaskan, sanksi sosial juga akan di­te­rap­kan oleh Satpol PP, TNI dan Polri untuk masyarakat yang tidak patuh dengan pro­tokol kesehatan.

Sukamta menghimbau mas­yarakat agar selalu me­ng­gu­na­kan masker, menjaga jarak dan di­siplin dalam protokol ke­se­ha­tan agar penyebaran Covid-19 dapat dihentikan di Ka­bu­paten Tala.

“Perbup ini bukan untuk me­­maksa, tapi untuk me­nge­du­­kasi masyarakat, mem­bia­sa­kan masyarakat menggunakan mas­­ker. Tapi kalau memang ki­ta su­dah mengedukasi, masih me­­langgar tentu harus ada sank­­si yang tegas,” ujar bu­pati.

Diketahui lebih lanjut, masa so­sialisasi Perbup dimulai sejak ta­ng­gal 28 Juli 2020 sampai de­ngan 18 Agustus 2020. Se­telah tan­ggal tersebut, maka ada sanksi akan diberlakukan yaitu dimulai tang­gal 19 Agustus 2020. can/ani