loader image

Bupati Tapin Buka Sosialisasi SIPD Permendagri No.90 Tahun 2019

SOSIALISASI – Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat membuka acara sosialisasi SIPD bersama seluruh pimpinan SOPD dengan video conference.{{herman}}

RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM  saat membuka kegiatan sosialisasi SIPD bersama seluruh pimpinan SOPD melalui video conference, jumat (23/07/2020) bertepat di Aula Bappelitbang Kab.Tapin.

Rapat dihadiri diikuti Sekda Tapin H Syafrudin Noor, Kepala Bappelitbang H Zainal Agli ST MT dan diikuti seluruh pimpinan SOPD diruang kerjanya masing-masing.

Seperti yang diutarakan Bupati Tapin, dengan telah diberlalukannya Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Dimana tujuan kegiatan ini untuk menyinergikan seluruh kegiatan SIPD sehingga dapat mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang lebih berkualitas, inovatif dan cepat.

Sosialisasi ini dinilai Bupati, sebagai langkah strategis rategis untuk menyamakan persepsi mengenai pengelolaan SIPD dalam mengintegrasikan seluruh sistem informasi Pemda untuk penyelenggaraan pembangunan daerah di Kab.Tapin.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Tapin H Zainal Agli ST MT menambahkan, Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) merupakan sistem informasi yang memuat sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah, serta sistem pemerintahan daerah yang lain, termasuk sistem pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.

Karena itu sosialisasi SIPD ini sangat penting dikuasai dan dipahami oleh pelaku-pelaku program kegiatan Pemerintah Daerah tentu harus berbasis data yang valid dan akurat, sehingga masyarakat bisa mengakses setiap informasi kegiatan Pemerintah Daerah dengan baik.

Seperti apa yang disampaikan Bupati, sosialisasi dilaksanakan sebagai bentuk sinergi SIPD untuk penyelenggaraan pemerintahan yang lebih inovatif dan cepat.

“Sebagai sistem penunjang keterpaduan, SIPD dibangun untuk kemudahan penyampaian informasi pemerintahan daerah kepada masyarakat dan dikembangkan untuk menghasilkan pelayanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung dan terintegrasi dengan berbasis elektronik,” paparnya.{{her/mb03}}