loader image

Bulog Bangun 3 Gudang Beras di Kalimantan

JAKARTA – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, untuk mendukung ketahanan pangan nasional, pihaknya turut berkontribusi membangun gudang lumbung pangan di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Budi menjelaskan, gudang ini terdiri dari gudang lama yang nantinya akan diperbarui dan gudang baru yang akan dibangun di lahan pemberian Bupati Pulang Pisau.

 “Kan ada gudang lama lagi diperbaiki, tapi karena Bupati Pulang Pisau kemarin beri lahan 6 ha itu langsung kita bangun, hari ini kita mulai survei. Bangun baru. Yang lama masih dimanfaatkan karena untuk menampung (hasil panen) 165.000 ha,” jelas Budi di Pandeglang.

Pihaknya sudah mulai memetakan akan membangun 8 selo dan 3 gudang beras dengan kapasitas 3.000 ton. Dengan pembangunan yang memakan waktu 6 hingga 7 bulan, kemungkinan gudang ini akan selesai awal tahun 2021.

 “Mungkin tahun depan awal bisa. Kan pertanian awal tahun depan persiapannya, jadi pas,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Saat ini, terdapat 48.000 ha lahan di Kabupaten Pulang Pisau yang telah aktif memproduksi 4 ton setara beras per ha setiap tahunnya. Selain gudang, rencananya Bulog juga akan membangun rice milling plan (mesin penggiling padi) di sekitar lokasi tersebut.

 “Dari 165.000 ha luas proyek food estate yang direncanakan, ada 48.000 ha sawah di Pulang Pisau yang sudah produksi. Artinya produksi akan banyak, belum daerah-daerah lain yang sekarang mulai tanam, artinya akan menjadi sumber swasembada pangan baru di Indonesia,” ujarnya beberapa waktu lalu. ant/mb06