loader image

Puluhan ASN Tala Ikuti UKPPI Tahun 2020

PELAIHARI – Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pem­kab Tanah Laut (Tala) me­ngi­kuti Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (UKPPI), Senin, (27/07) di Aula BKD Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarbaru. Pelaksanaa ujian dibuka lang­sung oleh Kepala BKD Provinsi Ka­limantan Selatan, Sulkan, SH, MM.

Kepala BKD dan Diklat Ka­bu­paten Tala, Hairul Rizal me­nga­takan, ujian itu sendiri adalah ma­nifestasi dari Peraturan Pe­me­rintah (PP) Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Pe­raturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Dalam PP itu menyebutkan bahwa PNS yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah yang lebih tinggi dapat dinaikan pa­ngkatnya apabila diangkat dalam jabatan/diberi tugas yang memerlukan pengetahuan atau keahlian yang sesuai dengan ijazah yang diperoleh melalui pendidikan tersebut dan lulus ujian kenaikan pangkat pe­nye­suai­an ijazah (UKPPI).

“Kenaikan pangkat juga salah satu cara untuk me­ning­kat­kan prestasi kerja dan pe­ngab­dian ASN kepada ne­ga­ra,” katanya. Adapun peserta ujian se­lu­ruhnya sebanyak 24 orang terdiri dari tiga orang untuk pe­nyesuaian ke jenjang pen­di­di­kan Paket C dan 21 orang un­tuk penyesuaian jenjang Pen­di­dikan Sarjana (S-1).

Materi yang diujikan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Ka­rak­te­ris­tik Pribadi (TKP). can/ani