loader image

Polsek Tapin Tengah Gelar Patroli Hutan

PATROLI – Tim gabungan saat melaksanakan patroli hutan dan menyampaikan imbauan larangan membakar hutan. mb/her

RANTAU – Mengantisifasi musim kemarauyang rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan, selasa (28/07/2020), Polsek Tapin tengah Polres Tapin melaksanakan patroli hutan desa Pand­a­­han, Kecamatan Tapin Tengah.

Seperti yang diungkapkan Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno melalui Kapolsek Tapin Tengah Iptu H Mara Halim Harahap mengatakan, memasuki musim kemarau dimana hutan-hutan dan lahan sudah mulai mengering daun dan rantingnya.

Keadaan tersebut tak disia-siakan oleh anggota Polsek Tapin tengah, untuk melaksanakan patroli hutan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi pencegahan terhadap peristiwa Karhutla, Kebakaran hutan dan Lahan.” Kata Kapolsek Tapin Tengah.

Dari pantauan awak media, dalam patroli hutan, anggota Polsek Tapin Tengah nampak melakukan patroli menyusuri wilayah hutan di desa Pandahan Kecamatan Tapin Tengah Kab.Tapin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Tapin Tengah dalam rangka mencegah dan antisipasi terjadinya Karhutla.

 “karena banyak dedaunan yang kering akan membuat mudah sekali terbakar dan menjalar menjadi besar, hal itu yang kita antisifasi,” tambahnya.

Iptu H. Mara Halim Harahap menambahkan, antisipasi Karhutla secara langsung denga patroli hutanbersama dengan anggota TNI, Manggala agni Kabupaten Tapin, sasaran kita lainnya yaitu memberikan arahan ataupun himbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk berhati-hati jangan sampai membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan karena bisa menimbulkan Karhutla.

Pada kesempatan tersebut, anggota Polsek melakukan Patroli sekaligus memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai disekitar hutan untuk berhati-hati jangan sampai me­la­kukan aktifitas membuka lahan dengan cara dibakar dan bagi yang suka merokok untuk mematikan terlebih dahulu puntung rokoknya sebelum dibuang,” papar Iptu H Mara Halim Harahap kepada awak media.her/ris