loader image

Pemkab Tala Matangkan Penataan Kota Pelaihari

Memimpin Rapat – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait rencana penataan Kota Pelaihari. hms

PELAIHARI – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) melalui Bappeda menggelar rapat koordinasi (Rakor) guna mematangkan rencana pe­nataan perkotaan Pelaihari yang lebih baik dan sesuai kondisi dae­rah­nya kedepan, Senin (27/07).

Bupati Tala, H Sukamta menyampaikan pem­bangunan dan penataan kota di Tanah Laut harus betul-betul direncanakan dengan baik, terstruktur, bermanfaat dan secara ber­ke­sinam­bu­ngan terus menerus walaupun berganti ke­pe­mim­pinan, karena tidak mungkin masalah pem­bangunan/penataan kota ini selesai dalam waktu yang singkat.

Sukamta menjelaskan penataan ini bukan hanya di Kota Pelaihari tetapi bisa juga nanti di Kecamatan lainnya. Dalam hal perencanaan desain tata kota ini harus dilakukan bersama-sama, seluruh SKPD punya andil dan berkoordinasi untuk men­da­pat­kan desain pe­ren­ca­naan yang terbaik dan ini bukan hanya tanggung jawab dari Dinas bidang tata kota saja.

Senada dengan bupati, Sekdakab Tala, H Dahnial Kifli juga menyampaikan perlunya koordinasi apik dalam perencanaan/pelaksanaan tata kota ini dengan data yang valid dan berpedoman dengan peraturan daerah tata ruang sehingga menjadi pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara narasumber, Sekretaris Umum Ikatan Ahli Perencanaan Daerah Provinsi Kalsel, Hanny Maria Cae­sa­rina, T, MSc me­ma­par­kan secara umum teknis penataan ruang kota dan menampilkan slide slide design yang bisa menjadi langkah awal dalam perencanaan tata ruang kota yang baik.

Diskusi dan penyampaian saran serta ide oleh beberapa SKPD yang sesuai dengan bidangnya tertuang dalam rakor ini yang berkesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tanah Laut tahun 2016-2036 yang bertujuan terwujudnya keterpaduan struktur ruang dan pola ruang daerah yang produktif, dinamis dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan melalui pe­ngem­ba­ngan industri, perhubungan, pariwisata, pertanian dan perikanan yang strategis.

Ia juga berharap seluruh SKPD bisa memberikan pemikiran design konsep masing-masing sesuai dengan perannya dan akan dibahas lagi pada pertemuan selanjutnya terkait perencanaan tata kota ini agar mendapatkan perencanaan yang baik dan terkoordinasi sehingga dalam eksekusinya benar benar tercapai dengan mudah dan selaras.

Rakor turut dihadiri Sekdakab Tala, H Dahnial Kifli, Asisten Ekobang, Akhmad Hairin, Kepala Bappeda, Andres Evony serta perwakilan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tala. can/ani