loader image

Kadisdikbud Resmikan Program Tahfizh SMK 3 Banjarmasin

Memasangkan Almameter – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi saat memasangkan almameter sebagai tanda diresmikannya program tahfidz di SMKN 3 Banjarmasin.

BANJARMASIN – Gubernur Kal­sel, H Sahbirin Noor diwakili Ke­pala Dinas Pendidikan dan Ke­budayaan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi meresmikan di­mulainya program Tahfidz di Se­ko­lah Menengah Kejuruan Ne­geri (SMKN) 3 Banjarmasin.

 “Saya sangat mengapresiasi dan bergembira atas terobosan ba­ru berupa program tahfidz di SMKN 3 Banjarmasin dan di­ha­rapkan melalui program ini akan me­njadikan peserta didik yang be­rakhlak mulia,” ujar Yusuf Ef­fendi, di SMKN 3 Ba­n­jar­ma­sin, Jumat (17/7).

Menurut Yusuf, program tah­fidz ini memiliki relevansi de­ng­an visi misi Pemprov Kalsel te­ru­tama terkait melahirkan pe­ser­ta didik yang beriman dan be­rakh­lak mulia.

 “Saya yakni melalui program tah­fidz ini akan mampu me­ng­em­ba­ngkan potensi peserta didik di SMKN 3 Banjarmasin agar men­jadi manusia beriman, ber­ta­kwa, berakhlak, sehat, berlimu dan bertanggungjawab,” kata Yusuf.

Menurut dia, dunia pen­di­dik­an itu harus berorientasi pada al­h­lak mulia dengan membangun pe­serta didik yang berkarakter, ke­mu­dian menguasai ilmu peng­et­ahuan tekhnologi.

Yusuf berharap, mem­ba­ng­un dunia pendidikan tidak hanya pe­me­rintah saja, namun dengan ber­sama-sama agar lebih optimal ter­ma­suk orang tua.

 “Dengan bersama-sama ten­tu akan lebih optimal dalam me­ng­elola dan mewujudkan ha­rap­an sera cita-cita kita untuk mem­ba­ngun manusia yang berakhlak dan mempunyai SDM yang bisa di­andalkan,” ucapnya.

Yusuf juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan ban­tuan dari Badan Amil Zakat Na­si­onal (Baznas) Provinsi Kal­sel terhadap program tahfidz di SMKN 3 Banjarmasin dengan memberikan bantuan sebesar Rp25 juta.

Bantuan untuk pembelajaran prog­ram tahfidz di SMKN 3 Ban­jarmasin itu diserahkan lang­sung Ketua Baznas Provinsi Kal­sel, H Gusti (P) Rusdi Effendi dan diterima Kepala SMKN 3 Banjarmasin, Mo­ha­mad Ali Muksin.

Sementara itu, Kepala Se­ko­lah SMKN 3 Banjarmasin, Mo­ha­mad Ali Muksin mengatakan, prog­ram tahfidz ini merupakan sa­tu-satunya yang ada di se­ko­lah negeri di Kalimantan Selatan dan satu-satunya di SMKN di In­donesia.

 “Program tahfidz ini mer­u­pa­kan bagian yang tak ter­pi­sah­kan dari rangkaian me­num­buh­kem­bangkan anak-anak bersama de­ngan karakter yang nanti men­jadi akhlakul karimah,” katanya.

Ali menyebutkan, untuk ta­hap pertama program tahfidz ini sebanyak 29 orang terdiri dari 11 putra dan 18 putri dan di­ha­rapkan melalui program Tahfidz ini akan menjadikan pribadi yang memberikan keberkahan bagi orang tua, masyarakat dan se­ko­lah.

 “Semoga kelak nanti dari prog­ram tahfidz dan minimal mam­pu menghafalkan Alqur’an 8 Juz selama tiga tahun ini akan lah­ir para pemimpin umat yang me­mimpin banua ini,” pung­kas­nya. end/ani