loader image

Dapat Fasilitas Dana Rp850 Miliar

JAKARTA – PT Bank Ta­bu­ng­an Negara (Persero) Tbk m­e­maksimalkan sumber pen­da­naan dari berbagai pihak un­tuk mendukung pembiayaan se­k­tor properti. Salah satunya ker­ja sama pembiayaan de­ng­an PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) Tbk.

Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan ker­ja sama tersebu untuk mendorong pemulihan  ekonomi nasional. “BTN menandatangani perjanjian kerja sama pinjaman untuk pen­yaluran KPR Subsidi dengan SMF dengan nilai pinjaman da­na sebesar Rp 850 miliar,” ujarnya Rabu (15/7).

Menurutnya dana tersebut  akan disalurkan Bank spesialis pe­ru­mahan ini ke dalam bentuk KPR Subsidi baik dengan skema Fa­si­litas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP maupun Sub­sidi Selisih Bunga (SSB).

 “Kerja sama dengan SMF kami harapkan dapat menjadi sti­mu­­lus tambahan dari yang sudah kita lakukan untuk mendukung PEN (pemulihan ekonomi nasional) melalui sector property agar 170 lebih industri turutannya ikut bergerak dalam masa pandemic co­vid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut Pahala mengatakan BTN bersama SMF  dapat me­lakukan kerja sama untuk mendukung pemerintah terutama da­lam membantu masyarakat memiliki rumah. Adapun kolaborasi ini terkait pinjaman sudah berjalan sejak 2011.

Nilai outstanding pinjaman hingga Juni 2020 sudah tercatat Rp 17,8 triliun. Pinjaman tersebut terdiri dari pinjaman Su­bor­di­na­si sebesar Rp 6 triliun, pinjaman refinancing sebesar Rp 9,01triliun dan pinjaman KPR FLPP sebesar Rp 2,87triliun. rep/mb06