loader image

Pemerintah Terbitkan Buku Protokol Kesehatan Hotel Restoran

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ek­o­nomi Kreatif  (Kemenparekraf) menerbikan buku panduan protokol kesehatan di bidang hotel dan restoran.

Kemenparekraf mengajak in­dustri terkait dan masyarakat mempelajari lebih lanjut mengenai protokol kesehatan yang berlaku. Hal itu agar para pelaku pari­wisata dan ekonomi kreatif (pa­rekraf) bisa tetap produktif dan merasa aman di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif mengimbau pelaku parekraf untuk aktif dalam mencari, memahami, serta mengimpleme­n­tasikan protokol kesehatan dengan taat dan disiplin.

 “Industri pariwisata harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang tinggi terhadap produk dan pelayanan yang diberi­kan kepada wisatawan. Oleh karena itu, perlu adanya buku panduan praktis bagi industri pariwisata dalam menyiapkan produk dan pelayanan yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan khusus­nya hotel dan restoran,” kata Wishnu­tama dalam pernyataan resminya, Selasa (14/7).

Buku panduan protokol kese­hatan tersebut  merupakan turunan dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Penyusunan buku panduan protokol kesehatan juga melibatkan berbagai pihak, yaitu asosiasi usaha hotel dan restoran, asosiasi profesi terkait bidang perhotelan dan restoran, serta akademisi dengan tetap mengacu pada protocol kese­hatan dari Kementerian Kesehatan dan arahan Gugus Tugas Percetan Penanganan Covid-19. Buku panduan ini terdiri dari dua pokok materi, yaitu panduan umum dan panduan khusus.

Panduan umum meliputi mana­jemen atau tata kelola hotel dan restoran seperti memperhatikan informasi terkini serta imbauan dan instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait COVID-19 di wilayahnya, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), men­yediakan dan memasang im­bauan tertulis, serta menerapkan protokol kesehatan dasar bagi karyawan, tamu, dan pihak lain yang ber­aktivitas di hotel maupun restoran seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan men­cuci tangan.

Sedangkan, panduan khusus meliputi tiga alur pelayanan hotel dan restoran mulai dari pintu masuk hingga ruang karyawan, yaitu panduan bagi pengusaha dan pengelola terhadap fasilitas yang harus disediakan, panduan bagi tamu, serta panduan bagi karyawan.

Pelaksanaan protokol kesehatan disebutnya sangat penting untuk dilakukan dengan baik. Karena hal ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong pergerakan sektor parekraf, serta meningkatkan kepercayaan dan produktivitas masyarakat agar merasa aman dari virus corona. rep/mb06