loader image

Ekspor Batubara Turun 20 Persen

JAKARTA – PT Bukit Asam (PTBA) mencatat karena adanya pandemi Covid-19 membuat pasar ekspor batu bara ikut terimbas. Penurunan pasar ekspor disinyalir bisa mencapai 20 persen.

Sekertaris Perusahaan PTBA, Appolonius Andwie menjelaskan karena pandemi pasar asia memang angat terdampak. Paling besar penurunan permintaan berasal dari India. India mengalami lockdown di pelabuhan sehingga sempat terdampak pada pengiriman.

“Penurunan ekspor memang sampai 20 persen,” ujar Polo saat pertemuan daring, Selasa (14/7). Polo juga menjelaskan untuk mensiasati beberapa pasar ekspor yang mengalami penurunan, PTBA melakukan penjajakan ke negara negara lain. Ia menyebutkan pasar baru seperti Vietnam, Thailand, Filipina serta Brunei dijajaki oleh perusahaan.

 “Harapanya ini bisa menjadi potensi pasar kedepan. Harapannya batu bara produksi PTBA bisa diterima dengan baik disana,” ujar Polo.

Meski begitu, Polo belum bisa menyebutkan berapa potensi angka penerimaan. Ia hanya menjelaskan perusahaan menjajaki untuk keberlanjutan pasar jangka panjang.

“Ini baru penetrasi ya. Jumlahnya memang belum siginifikan. Kedepan memang ini proyeksinya untuk pasar jangak panang,” ujar Polo. rep/mb06