loader image

Gerakan Keluarga Mendaftarkan Anak ke PAUD

GERAKAN – Bunda PAUD Kota Banjarbaru Hjirien Nadjmi Adhani melakukan video conference dengan Bunda PAUD se-Indonesia tentang Gerakan Keluarga Mendaftarkan Anak ke PAUD. mb/dio

BANJARBARU – Bunda PAUD Kota Banjarbaru Hj Ri­rien Nadjmi Adhani me­­­lakukan video conference ber­­sama Bunda PAUD Prov­insi Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, dan Ketua Umum HIMPAUDI Pusat Prof Dr Ir Netti Herawati MSi, Jumat (10/7).

Video vonference dalam rangka Gerakan Keluarga Mendaftarkan Anak ke PAUD ini, juga diikuti Bunda PAUD Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan se-Indonesia dan Ketua PW/PD/PC HIMPAUDI se-Indonesia.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, dimana proses pembelajaran anak usia dini saat ini dilakukan di rumah, maka Bunda PAUD Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan serta Bapak/Ibu Ketua PW/PD/PC membuat Gerakan Keluarga Men­daf­tarkan Anak ke PAUD, agar anak tercatat dalam Dapodik (Data Pokok Pendidik) Kemendikbud.

Pembelajaran dari rumah tetap mendapat bimbingan dan pengarahan dari guru se­ko­lah­nya masing-masing. Walaupun pembelajaran dari rumah (PAUD From Home) di­lak­sa­na­kan oleh orangtua dari ru­mah, namun Kurikulum, Perencanaan dan Penilaiannya dilakukan oleh guru di sekolah.

Bunda PAUD Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan, meskipun pandemi Covid-19, tetap membuka peluang kepada orangtua murid yang memiliki anak usia dini untuk tetap mendaftarkan anak-anaknya, untuk sekolah di PAUD yang terdekat dengan lokasi rumah tempat tinggalnya.

Tetap dengan protokol kesehatan pencegahan covid, datang ke sekolah dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta harus ada hand sanitizer di sekolah-sekolahnya.

APLIKASI – Ketua Tim Penggerak PKK Hj Ririen Nadjmi Adjani didampingi wakilnya Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan memimpin rapat rutin Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru dengan aplikasi zoom meeting. mb/dio

Hj Ririen Nadjmi Adhani berharap, orangtua murid tidak membawa anak-anaknya saat mendaftar sekolah, kerena pen­daftaran juga bisa dilakukan secara online.

“Proses pembelajaran PAUD akan dilakukan secara online atau daring. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, dan tetap jaga kesahatan,” ucapnya.

Guru menjadi “konsultan keluarga” dalam me­lak­sa­na­kan PAUD From Home. Dan, anak akan dikawal pemerintah melalui stimulasi, gizi, kesehatan, dan upaya pencegahan stunting di PAUD jika terdaftar sebagai siswa. hum/dio