loader image

Pastikan Subsidi Tepat Sasaran

JAKARTA – PT Pupuk In­do­ne­sia (Persero) menyampaikan ko­mitmennya menjaga ke­lan­car­an penyaluran pupuk bersubsidi sam­pai ke tangan petani sesuai de­ng­an prinsip 6T, yakni tepat je­nis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan te­pat mutu.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wi­jaya Laksana mengatakan, perseroan telah memiliki sejumlah strategi. Di antaranya pencirian pupuk bersubsidi dengan warna khu­sus, bag code, hingga penyaluran hanya kepada petani yang ter­daftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Wijaya mengatakan, Pupuk Indonesia memberikan ciri pupuk ber­subsidi dengan warna yang cukup mencolok. Dia men­ye­but­kan, untuk pupuk subsidi jenis Urea diberi ciri dengan warna me­rah muda atau pink, sedangkan pupuk subsidi jenis ZA diberi war­na oranye.

Hal ini, kata dia, bertujuan membedakan antara pupuk ber­sub­sidi dan non subsidi sehingga dapat meniminalisir peluang pen­yelewengan.

 “Pupuk bersubsidi juga memiliki ciri pada kemasan ka­rungnya. Terdapat tampilan logo Pupuk Indonesia di bagian de­pan karung dan bertuliskan ‘Pupuk Bersubsidi Pemerintah’. Pa­da kemasan tercantum juga nomor call center, logo SNI, nomor izin edar pada bagian depan karung dan memiliki Bag Code dari pro­dusennya,” kata Wijaya di Jakarta

Wijaya mengatakan, penyaluran pupuk bersubsidi dilakukan sec­ara tertutup, sesuai alokasi dan hanya kepada para petani ya­ng terdaftar dalam sistem elektronik Rencana Definitif Ke­bu­tuh­an Kelompok (e-RDKK) yang dikelola Kementerian Pertanian. rep/mb06

Baca juga :  PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa