loader image

Pemkab Balangan Siapkan Lahan 4 Hektar untuk Pembangunan Kodim Baru

LOKASI PEMBANGUNAN – Lahan kosong seluas kurang lebih 4 hektare bakal menjadi lokasi pembangunan Markas Kodim baru di Kabupaten Balangan.{{ist}}

PARINGIN – Lahan kosong seluas kurang lebih 4 hektare bakal menjadi lokasi pembangunan Markas Kodim baru di Kabupaten Balangan. Pemkab Balangan telah mempersiapkan lahan tersebut sejak beberapa waktu lalu.

Bertempat di Jalan A Yani, Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalsel, lahan untuk Kodim sudah dipasangi palang pemberitahuan.

Menyikapi rencana pembangunan Kodim baru di Balangan, Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah menerangkan, pihaknya sudah melakukan inisiasi. Bahkan tahun ini sudah diajukan ke Mabes TNI Angkatan Darat.

Ke depan, apabila Kodim Balangan sudah dibuat, maka akan terpisah dengan Kodim 1001/Amuntai-Balangan. Sehingga memiliki lembaga sendiri.

Lebih lanjut, ujarnya, proses pembangunan Kodim di Balangan sudah tahap menunggu pelaksanaan. Direncakan akan bisa berjalan pada tahun 2021. Namun lelaki berpangkat jenderal bintang satu ini juga tak menjanjikan hal tersebut.

Bupati Balangan, Ansharuddin menerangkan, pihaknya sudah melakukan tahap clearing area di lokasi. Anggaran pembersihan lahan bersumber dariDana APBD.

Sebagai kepala daerah, Ansharuddin begitu mendukung keberadaan Kodim baru di Balangan. Terlebih sementara ini, Kodimnya masih satu dalam wilayah Kodim 1001/Amuntai-Balangan.

Ia mengutarakan, sejauh ini lahannya sudah disiapkan. Selain itu, Pemkab Balangan juga menyambut baik adanya Kodim di wilayah Bumi Sanggam tersebut. (mc/mb03)