loader image

Ketua Bawaslu RI Kunjungi Balangan

TINJAU PROSES – Penyambutan Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan, didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kaspiyah, sesaat sebelum meninjau proses verifikasi faktual tersebut.{{ist}}

PARINGIN, MB – Verifikasi Faktual tengah dilakukan oleh jajaran KPU Kabupaten Balangan, terhadap berkas dukungan satu bakal pasangan calon yang maju pada Pilkada Balangan melalui jalur independen.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan, didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kaspiyah, Minggu (5/7), menyempatkan diri secara langsung meninjau proses verifikasi faktual tersebut.

Disampaikan Abhan, ada dua proses Pilkada yang rentan menuai konflik dan sengketa, salah satunya yaitu verifikasi faktual Bapaslon independen ini dan saat pencocokan data pemilih nanti.

“Untuk itu jajaran adhoc Bawaslu tingkat desa dan kelurahan harus benar-benar melakukan pengawasan, agar proses verifikasi faktual ini benar-benar berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada kecurangan,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, kedatangannya ke setiap daerah yang melaksanakan Pilkada ini juga untuk memberikan motivasi bagi jajaran Bawaslu dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa untuk terus semangat menjalankan tugas meskipun di tengah pandemi.

“Pilkada 2020 berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Semoga pelaksanaan Pilkada kali ini tidak memunculkan kluster-kluster baru,” harapnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh panitia pelaksana maupun pengawas Pemilu, untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat bertugas. (sa/mb03/mb03)