loader image

Peringati Harganas Ke -27 BKKBN Lasanakan Layanan KB Serentak

BERFOTO – Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Indiana bersama kepala DP3AP2KB Cipta Waspada serta Ibu Persit Kodim 1004/ Kotabaru. Saat berfoto bersama diaula Makodim 1004/kotabaru.{{ebet}}

KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 tingkat Kabupaten Kotabaru. Dengan agenda pemasangan IUD,  implan, suntik KB dan pembagian kondom serta Pil KB secara gratis.

Peringatan Harganas tahun ini digelar satu1 hari.  Selasa (30/6/2020 ) bertempat di Aula Serbaguna Kodim 1004 Kotabaru. Kepala DP3AP2KB Kabupaten Kotabaru Cipta Waspada menjelaskan dalam peringatan Harganas tahun ini, BKKBN melaksanakan pelayanan KB serentak seluruh Indonesia.

“Layanan KB  gratis ini sebagai langkah pengendalian penduduk, karena selama pandemi Covid-19 banyak warga yang menjalankan Work From Home (WFH). Tentu dengan stay at home, tidak menutup kemungkinan adanya pertambahan penduduk atau meningkatnya angka kelahiran,” jelas Cipta Waspada.

Dari hasil rekap pelayanan KB sejuta akseptor yang dilaksanakan dalam rangka Harganas ke-27 adalah Pelayanan IUD berjumlah 26 akseptor,  Implan berjumlah 122 akseptor, Suntik berjumlah 107 akseptor, Pil  dan kondom berjumlah 2, 431 akseptor,” tegas Cipta Waspada.

Sementara itu Ketua TP PKK Kotabaru Hj.Fatma Idiana Sayed Jafar menyampaikan, untuk kegiatan Harganas ke 27 ini Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan DP3AP2KB untuk mensukseskan kegiatan tersebut.  Dan  sesuai anjuran pemerintah Dua 2 anak itu lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK juga meninjau secara langsung pelayanan KB diantaranya Polindes Gunung Ulin dan Klinik Bidan Dahlia.

Di fasilitas tersebut para bidan yang melayani pasien menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat melayani para akseptor.

Pelayanan KB diKotabaru terus dilakukan. Dan dalam pelayanan KB tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. (bet/mb03)