loader image

DLH Tapin Anggarkan Pengadaan Kontainer Pengangku Sampah

Kepala Dinas LH Tapin, Ir H Nordin MS

RANTAU,- Meningkatnya volume sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kab.Tapin anggarkan pengadaan truk kontainer untuk mengangkut sampah, rencana itu disampaikan Kepala Dinas LH Tapin Ir H Nordin MS kepada awak media baru-baru tadi.

Alasannya, karena pengadaan 6 (enam) buah truck unuk angkut sampah TPS ke TPA dibatalkan karena anggaran yang dialihkan untuk penanganan Covid-19, untuk itu kita kembali mengajukan pengadaan truck container, kata Kadis LH Tapin Ir H Nordin MS kepada awak media.

“Antisifasi volume sampah yang terus bertambah, Dinas LH terus berupaya mempersiapkan armada yang memadai agar permasalahan sampah bisa teratasi, terlebih saat ini volume sampai kita sudah lebih dari 10 ton sampah perhari.

Ditambahkannya, dalam penanganan sampah, DLH Tapin juga akan melakukan rehap terhadap TPA Tapin. TPA perlu diperluas karena sudah penuh. Di 2021 juga akan ada perbuatan landfiil di TPA Tapin didesa Hatiwin untuk perluasan TPA yang sudah ada.”ungkap Nordin.

Terkait penanganan sampah, Dinas LH bersama Dinas Satpol PP dan Damkar Tapin kembali akan menegakkan Perda Sampah, hal ini agar sampah tidak dibuang sembarangan.

“Giat untuk sampah akan dilaksanakan minimal satu bulan sekali, hal ini untuk menegakkan Perda Sampah Kab.Tapin, serta memberikan sanksi yang tegas kepada bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah pada siang hari.

Terkait rencana itu Kasatpol PP H Mahyudin membenarkan pihaknya bersama Dinas LH Tapin akan melaksanakan kerjasama penegakkan Perda sampah.

Bahkan jika seseorang kedapatan membuang sampah sembarangan, bagi yang melaporkannya disertai dengan bukti-bukti yang kuat akan kita berikan reward. Jika vonis pengadilan memberikan denda sebesar Rp.500 ribu, maka sebesar itu juga reward kita berikan terhadap orang yang memberikan laporan.

Asalkan jika ingin melaporkan seseorang yang kedapatan membuang sampah sembarangan, pelapor harus membawa bukti, seperti foto-foto yang bersangkutan memang sering membuang sampah sembarangan.{{her/mb03}}