loader image

YSBP Gandeng LSP Komputer selenggarakan prakerja online berkualitas

PARINGIN – Ketua Yayasan Sapta Bangun Persada (YSBP) Slametno, menyampaikan perbaikan sistem penyelenggaraan pelatihan Kartu Prakerja terus dilakukan oleh pemerintah, platform digital  maupun pihak pihak yang kompeten seperti lembaga, asosiasi profesi dan BNSP.

Ia mengatakan, salah satu implementasinya adalah adanya kerjasama antara YSBP dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer dan platform digital Skill Academy dalam penyelenggaraan pelatihan Prakerja dengan sistem Webinar.

“Pelatihan Prakerja dengan sistem Webinar, peserta tidak lagi hanya menonton video seperti konten youtube, namun peserta melaksanakan pelatihan dengan aplikasi Zoom Webiner,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Dijelaskan dia, melalui sistem ini maka ada interaksi antara peserta pelatihan dengan Instruktur, adapun durasi pertemuan sesuai dengan standar pencapaian kompetensi suatu pelatihan.

Peserta pelatihan Prakerja setelah selesai mengikuti pelatihan, mereka akan mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh LSP Komputer yang telah terlisensi BNSP.

Lembaga pendidikan di bawah naungan YSBP,  yang berada di Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah STKOM Sapta Computer Balangan, STKOM Sapta Computer Tabalong.

Selanjutnya, STKOM Sapta Computer Hulu Sungai Tengah (HST), STKOM Sapta Computer Hulu Sungai Selatan (HSS),  STKOM Sapta Computer Tapin dan  STKOM Sapta Computer Tanah Laut. “Kami harapkan pimpinan lembaga di kabupaten tersebut dapat berkoordinasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) maupun Dinas Tenaga Kerja Kabupaten setempat,” katanya.

Menurut dia, koordinasi yang dilakukan ini dalam upaya mengakomodir peserta prakerja, yang telah mendaftar melalui BLK maupun Dinas Tenaga Kerja kabupaten. Mengingat pelatihan ini merupakan pelatihan prakerja Online, maka tidak menutup kemungkinan peserta prakerja dari Kabupaten Kota di Kalsel yang belum ada cabang dari STKOM Sapta Computer.{{an/mb03}}