loader image

Tala Turut Serta Pecahkan Rekor MURI Sejuta Aseptor

Membacakan Sambutan  – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat menjadi pembina apel peringatan Harganas ke-27 tahun 2020 tingkat Kabupaten Tanah Laut, sekaligus membacakan sambutan tertulis Kepala BKKBN Pusat, di halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari. ant

PELAIHARI – Pemerintah Ka­bupaten Tanah Laut ikut andil dalam pemecahan rekor Mu­­seum Rekor Dunia In­­do­nesia (MURI) satu juta aseptor pada peringatan Harganas ke-27 tahun 2020 tingkat  Ka­bu­paten Tanah Laut, di halaman Sta­dion Pertasi Kencana Pe­lai­hari, Senin (29/6).

Plt Kepala Dinas Pe­ngen­dalian Penduduk, Keluarga Be­rencana, Pemberdayaan Pe­rem­puan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Tanah Laut Zai­nal Abidin me­ngung­kap­kan, Ka­bupaten Tanah Laut turut serta mensuksekan pemecahan rekor MURI satu juta Aseptor pada Harganas ke-27 tahun 2020.

 “Pemasangan aseptor kita la­kukan dilokasi acara ini dan diseluruh kecamatan di Tanah Laut secara serentak dibantu dengan fasilitas kesehatan yang ada,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Tala, H Su­kamta membacakan sam­bu­tan Kepala BKKBN Pusat, DR Sur­ya Chandra Surapaty me­­nyam­paikan, Harganas tahun 2020 dalam suasana berbeda, akibat pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia.

 “Kita sangat prihatin adanya pandemi ini, meskipun Harganas ini diperingati dengan sederhana dan tentunya dengan protokol kesehatan. Saya harap tetap dapat menginspirasi kita semua untuk me­wujudkan keluarga yang ber­kualitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Surya Chandra dalam sambutan dibacakan Bupati Tanah Laut berharap, prog­ram KB dapat membuat keluarga-keluarga yang ada di Indonesia menjadi keluarga se­jah­tera dan berkualitas.

 “Saya harapkan seluruh stakeholder terkait, baik BKK­BN, pemerintah provinsi dan pe­merintah daerah setempat dapat me­wujudkan cita-cita kita ber­sa­ma untuk mewujudkan keluarga In­donesia yang sejahtera,” tu­tupnya.

Kegiatan tersebut dimulai dengan senam Keluarga Be­ren­cana (KB) dari Generasi Be­ren­cana (Genre) Tanah Laut. Genre merupakan suatu program yang di­luncurkan pemerintah lewat Ba­dan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) da­lam rangka merespon per­ma­sa­lahan remaja saat ini.

BKKBN mengembangkan Genre dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi re­maja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu m­e­la­ng­sungkan jenjang pendidikan se­cara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana serta me­nikah dengan penuh pe­ren­ca­naan sesuai siklus kesehatan rep­ro­duksi.

Peringatan Harganas ke-27 tahun 2020 terasa berbeda dari tahun sebelumnya, karena ada­nya pandemi COVID-19 atau vi­rus corona, sehingga para hadirin yang datang diwajibkan me­ngi­kuti protokol kesehatan pen­ce­ga­han pe­nu­la­ran COVID-19 de­ngan me­nggunakan masker, di­­periksa suhu tubuh me­ng­gu­na­kan thermo gun, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta harus menerapkan physical distancing.

Pada peringatan Harganas itu turut hadir Forum Koor­di­nasi Pim­­pinan Daerah (For­kopimda) Ta­nah Laut, Sek­dakab Tala, H Dah­­nial Kifli, Kepala Kantor Ke­­me­nag Tanah Laut, para Ke­pala SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut, Ketua TP PKK Tanah Laut, Ketua GOW Tanah Laut serta organisasi wanita lain­nya. ant/ani